Kapolda Jambi pimpin rapat gugus tugas penanganan COVID-19

Kapolda Jambi pimpin rapat gugus tugas penanganan COVID-19

Kapolda Jambi Irjen Drs Firman Shantyabudi memimpin rapat Anev Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Provinsi Jambi yang dilangsungkan di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19 ruang rapat Kantor BPBD Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (28/3/2020).(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Risiko yang kita lakukan jika Provinsi Jambi tidak 'lockdown' adalah memperbanyak kegiatan pencegahan
Jambi (ANTARA) - Kapolda Jambi Irjen Drs Firman Shantyabudi memimpin rapat Anev Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Provinsi Jambi, di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19 ruang rapat Kantor BPBD Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu.

Rapat yang dimulai pada pukul 09.30 WIB tersebut dihadiri oleh Sekda Provinsi Jambi, Danrem 042/Gapu, Kepala BPBD Jambi, Karo Ops, Dir Krimsus, Dir Krimum, Kasat Brimob, Kabid Humas, Kabid Dokkes, Wadir Intelkam, Karumkit Bhayangkara, Koordinator Bidang (Kadiskes, Kadis Hub, Karo Humas, Kadis Sosial).

Kapolda Jambi dalam arahannya menyampaikan perlu bekerja sama sebagai gugus tugas dalam penanganan COVID-19 Provinsi Jambi dan menyusun suatu rencana kegiatan yang terarah.

"Risiko yang kita lakukan jika Provinsi Jambi tidak 'lockdown' adalah memperbanyak kegiatan pencegahan," kata Kapolda Jambi itu pula.
Baca juga: Bantuan 2.400 "rapid test" sudah diterima Provinsi Jambi

Pada bidang kesehatan diprioritaskan rapid test untuk tenaga medis dan keluarganya, update data pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pengawasan (ODP) sampai yang positif jangan ada data yang duplikasi, supaya publikasi tidak keliru. Bidang Humas untuk mempublikasikan dengan tidak membuat panik dan saat ekpose agar diikutsertakan Kadis Kesehatan agar tidak ada kekeliruan.

Bidang pencegahan agar menginventarisasi titik masuk dari jalur darat laut dan udara di setiap kabupaten dan tim gugus tugas provinsi untuk memback up tugas di kabupaten, dan pada bidang pencegahan untuk data tempat yang akan dilakukan penyemprotan dengan digolongkan tempat umum, sekolah, tempat ibadah serta instansi pemerintah, dan untuk peralatan logistik bisa diturunkan mobil damkar sampai dengan mobil AWC, kemudian proaktif menjemput kebutuhan alat dan bahan pencegahan.

Bidang Kesehatan agar menghitung kebutuhan alat, bahan termasuk tempat seperti alat pelindung diri (APD), rapid test dan tempat isolasi, bidang pengamanan, Polri telah mengeluarkan perintah Ops Kontijensi Aman Nusa.
Baca juga: Bandara Jambi tambah fasilitas penyemprot disinfektan untuk penumpang

Gugus tugas di tingkat provinsi harus bisa memback up kabupaten dalam memenuhi kebutuhan logistik RS rujukan dan pengamanan, kata Kapolda Jambi itu pula.

Sedangkan untuk bidang pengamanan, diingatkan tetap humanis dalam membubarkan setiap kegiatan berkumpulnya banyak orang.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ditpolair Jambi gagalkan penyelundupan lobster Senilai Rp 14M

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar