LIPI-Danone kerja sama produksi disinfektan bantu cegah COVID-19

LIPI-Danone kerja sama produksi disinfektan bantu cegah COVID-19

Proses pembuatan cairan disinfektan dan hand sanitizer di fasilitas Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong, Banten (Dokumentasi LIPI)

Jakarta (ANTARA) - Sebagai salah satu bentuk kontribusi penanganan COVID-19, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memproduksi disinfektan dan hand sanitizer dengan bantuan Danone Indonesia di fasilitasnya di Serpong, Banten.

"Fasilitas ini mampu memproduksi dari skala 50 liter sampai dengan 4000 liter per batch," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono dalam rilis yang diterima di Jakarta pada Sabtu.

Fasilitas Laboratorium Pusat Penelitian Kimia di Serpong, LIPI memproduksi cairan disinfektan dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) itu untuk mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam mencegah meningkatnya infeksi yang disebabkan oleh virus corona baru tersebut.

Alasan mengapa dipilih untuk memproduksi disinfektan dan pembersih tangan karena disinfektan dapat merusak sampul atau selubung pelindung lapisan lemak virus corona yang membuat virus itu menjadi lebih lemah.

Baca juga: P2LD-LIPI bagikan tip membuat cairan pembersih tangan

Baca juga: Peneliti: Herd immunity skenario terburuk tangani COVID-19

Baca juga: LIPI merilis produk rumah tangga untuk disinfektan cegah COVID-19


Sebanyak 2.000 liter disinfektan yang dibuat dari basis air dan senyawa aktif untuk luar ruangan sudah diserahkan ke sepuluh rumah sakit di Banten berdasarkan rekomendasi dari Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

Sementara itu, 250 liter hand sanitizer akan diserahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lewat koordinasi dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Hand sanitizer yang diproduksi oleh LIPI sendiri mengandung ethanol sebagai antiseptik, karbomer sebagai penegental, propilen glikol sebagai pelembab, trietanolamin sebagai pembentuk gel dan nano silver sebagai aditif tambahan antiseptik. Selain itu juga ditambahkan aroma isopulegol yang merupakan turunan kedua dari ekstrak minyak sereh.

Kerja sama LIPI dan Danone Indonesia tersebut, kata Agus, juga merupakan bukti bahwa lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dan pihak swasta bisa berkolaborasi untuk membatu pencegahan infeksi penyakit yang disebabkan jenis virus corona SARS-CoV-2 itu.

Dia juga menegaskan bahwa fasilitas riset di LIPI terbuka untuk semua pihak yang ingin bekerja sama untuk membantu mengatasi pandemi penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.

Menanggapi hal tersebut, Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan mendukung pemerintah dalam hal ini melalui kerja sama dengan LIPI untuk berkontribusi lewat kepakaran dan keilmuan demi menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami menyambut baik kerjasama ini dan mendukung inisiatif LIPI ini karena ini merupakan upaya gotong royong antarpemangku kepentingan di Indonesia," kata Vera.*

Baca juga: LIPI akan tutup sementara empat kebun raya cegah penularan COVID-19

Baca juga: Cegah virus corona, LIPI bagikan hand sanitizer ke sekolah

Baca juga: Cara LIPI cegah virus corona dengan hand sanitizer sederhana

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Robot pemberi disinfeksi otomatis karya TEL-U dan LIPI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar