Papua salurkan bantuan makanan ke panti asuhan cegah dampak COVID-19

Papua salurkan bantuan makanan ke panti asuhan cegah dampak COVID-19

Suasana Satgas Corona DPPAD Provinsi Papua ketika menyiapkan bantuan makanan di salah satu asrama di Kota Jayapura, Sabtu (28/3) (ANTARA/HO/Humas DPPAD Papua)

di situ kita mengetahui beberapa asrama dan panti asuhan menghadapi kekurangan bahan makanan
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) menyalurkan bantuan bahan makanan ke asrama dan panti asuhan di empat lokasi di daerah tersebut.

Kepala DPPAD Papua Christian Sohilait di sela-sela pelepasan Tim Satgas Corona DPPAD Provinsi setempat, Sabtu, mengatakan penyaluran bantuan makanan dilakukan guna mencegah terjadinya kekurangan bahan makanan yang mengakibatkan kelaparan pada anak-anak yang tinggal di asrama dan panti asuhan menyusul adanya  imbauan tetap berada di rumah akibat wabah virus corona.

Baca juga: Panti Asuhan mendapat bantuan wartawan di Sorong saat Ramadhan

"Sesudah kita melakukan penyemprotan cairan antikuman di sekolah-sekolah, di situ kita mengetahui beberapa asrama dan panti asuhan menghadapi kekurangan bahan makanan, sehingga kami ambil inisiatif membantu beberapa tempat yang membutuhkan," kata Christian Sohilait.

Mantan Sekda Lanny Jaya ini asrama dan panti asuhan yang diberi bantuan adalah yang memang sangat membutuhkan, karena untuk secara menyeluruh akan dilakukan oleh Satgas Corona Pemprov Papua.

"Saya telah melaporkan kepada Pak Sekda dan Satgas juga dan mereka akan ambil skala besar, namun dari Dinas kami mengambil inisiatif hari ini paling tidak kita bantu empat lokasi," ujarnya.

Baca juga: Pasar tradisional Manokwari disemprot disinfektan prajurit TNI

Menurut dia, lokasi yang diberikan bantuan pertama yang diberikan adalah Asrama Kerahiman yang memiliki 14 titik asrama di Kabupaten Jayapura, Kemudian di Asrama Karitas di Kota Jayapura, Panti Yatim Piatu dan Anak Cacat di Kota Jayapura dan tempat terakhir adalah Asrama Putri Lanny Jaya di Kota Jayapura.

"Saya sebagai kepala dinas hanya berharap dan mengimbau pemerintah kabupaten/kota yang ada di Papua memiliki anak di Kota Jayapura agar segera memberikan perhatian kepada anak-anak karena pasti memiliki dampak atas pembatasan akibat wabah virus corona ini," katanya.

Baca juga: AJI Jayapura: Prioritaskan keselamatan saat peliputan COVID-19

Oleh sebab itu, ia berharap ada perhatian secara riil yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota. Secara intens pihaknya juga meminta kepada setiap Kepala Dinas Pendidikan di daerah untuk memperhatikan anak-anaknya.

"Kami harap juga kepada Satgas Provinsi untuk mengambil data yang telah kita berikan, intinya jangan sampe wabah corona ini membuat kita mati dan kelaparan dan ini anak-anak Papua yang harus kita selamatkan," ujarnya.

Ia menambahkan bantuan makanan yang diberikan DPPAD Provinsi Papua antara lain mi instan, beras, minyak goreng dan telur.

Baca juga: Gubernur larang kedatangan warga luar Papua Barat

 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenag terbitkan panduan pembelajaran pesantren di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar