Kelurahan Sunter Agung dekat Wisma Atlet sepi aktivitas

Kelurahan Sunter Agung dekat Wisma Atlet sepi aktivitas

Sejumlah warga bercengkerama di seberang Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Warga menerapkan tetap tinggal di rumah
Jakarta (ANTARA) - Lingkungan Rukun Warga (RW) 05 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara tampak sepi dari aktivitas karena berada dekat area Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Virus Corona (COVID-19).

Ketua RW 05 Sunter Agung, Nurus Shobah, di Jakarta, Sabtu, mengatakan warga tengah berupaya mengurangi aktivitas di luar rumah. Sebaliknya, warga memperbanyak aktivitas di dalam rumah sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Warga menerapkan tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Jemaah Masjid Kebun Jeruk diusulkan pindah ke RS Wisma Atlet

Nurus menjelaskan pihaknya menjelaskan imbauan demi imbauan telah disampaikan kepada seluruh komponen warga melalui grup WhatsApp dan pribadi serta Facebook.

"Kami mengupayakan warga memahami dan maksimal untuk tetap di rumah dan menjaga jarak," kata Nurus.

Dia menyatakan aktivitas warga untuk memenuhi kebutuhan pokok tetap berjalan normal. Disiplin menjaga jarak fisik dan penggunaan masker diterapkan saat keluar rumah agar terhindar dari COVID-19.

Baca juga: Pangdam Jaya pimpin RS Darurat Wisma Atlet

"Warga menyadari langkah pencegahan COVID-19, apalagi jarak dari Wisma Atlet ke sini hanya sekitar 500 meter," jelasnya.

Ke depannya, dia memastikan RW 05 yang terdiri dari 20 pengurus Rukun Tetangga (RT) ini pun akan membentuk satuan tugas (Satgas) guna memonitor aktivitas warga, terutama menjaga tiga pintu masuk utama dari warga luar yang berpotensi mengundang aktivitas kerumunan.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko di Jakarta,  sebelumnya menyatakan sosialisasi dan imbauan itu berdasarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 23 Tahun 2020 tentang optimalisasi, antisipasi dan pencegahan penularan virus corona (COVID-19) dengan menjaga jarak aman antar warga dalam bermasyarakat di lingkungan masyarakat.

Baca juga: RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet rawat 335 pasien

"Sosialisasi pencegahan penularan virus corona ke lingkungan masyarakat termasuk ke tempat keramaian seperti pasar. Informasi yang disampaikan ini harus segera dilaksanakan agar terhindar dari penyebaran virus corona," kata Danang.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

RSD Wisma Atlet tingkatkan fasilitas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar