PMI galang dana bantu penanganan COVID-19 melalui QRIS

PMI galang dana bantu penanganan COVID-19 melalui QRIS

PMI galang dana bantu penanganan COVID-19 melalui QRIS (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menggalang dana bantuan kemanusiaan untuk penanganan wabah COVID-19 di Indonesia melalui metode pembayaran berbasis Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS).

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said di Jakarta, Minggu mengatakan PMI secara resmi telah meluncurkan penggalangan dana khusus untuk pencegahan dan penanganan COVID-19.

“Seperti Donasi Kemanusiaan sebelumnya, PMI juga menggunakan metode pembayaran berbasis Quick Response (QR) Code Indonesian Standard (QRIS) dan khusus untuk penggalangan dana ini, PMI menggunakan kode TID-03,” katanya.

Penggalangan dana melalui QRIS-PMI ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan donasi dalam mendukung pencegahan dan penanganan merebaknya virus COVID-19 yang sedang gencar dilakukan PMI.

Baca juga: PMI lakukan penyemprotan cairan antikuman massal di 26 provinsi

"Bagi masyarakat yang ingin memberikan donasi melalui PMI untuk membantu kami menangani COVID-19, dapat langsung donasi ke QRIS-PMI dengan kode TID-03. QRIS ini sudah dapat digunakan," katanya.

Baca juga: Petugas PMI Makassar gugur menjalankan tugas lawan COVID-19

Informasi tentang QRIS-PMI khusus untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 ini dapat diakses di website donasi.pmi.or.id dan di media sosial PMI, yaitu twitter @palangmerah, Instagram @palangmerah_indonesia, dan fanpage facebook Palang Merah Indonesia.

Donasi masyarakat ini, kata Sudirman, akan sangat mendukung kegiatan PMI dalam pencegahan dan penanganan COVID-19, diantaranya melalui promosi kesehatan untuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara masif kepada masyarakat dan penyemprotan disinfektan di area-area publik, seperti rumah ibadah, sekolah, pasar, dan perkantoran publik.

Baca juga: Kadin serahkan Rp10 miliar ke PMI bantu tangani COVID-19

"Aksi yang PMI lakukan adalah untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 agar tidak semakin luas. Kedua aksi ini yang saat ini sedang kami gencarkan di kalangan masyarakat," kata Sekjen PMI.

Sudirman Said menambahkan bahwa penanganan wabah COVID-19 ini harus dihadapi bersama, ini menjadi momentum bagi seluruh warga bangsa untuk saling membantu.

"Ini adalah saatnya bagi kita semua untuk melakukan sesuatu dan saling membantu sesama. Bersama, kita lawan COVID-19," kata Sudirman Said.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

JK akan tambah peralatan plasma darah di Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar