Dalam pelaksanaan tugas pencegahan COVID-19 akan dibentuk dokter siaga yang bertugas memberikan bantuan pelayanan kesehatan secara cepat dan mengecek kondisi nyata perkembangan pasien di rumah sakit rujukan yang telah ditentukan
Makassar (ANTARA) - Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka resmi menjadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease (COVID-19) Provinsi Sulawesi Selatan menyusul adanya pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Muhammad Ichsan Mustari bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19,

Sebelumnya, Kadinkes Sulsel adalah Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemprov Sulsel.

Ia menjelaskan di Makassar, Minggu, pada tugas perdana hari Sabtu (28/3)  Pangdam mengajak seluruh unsur yang terlibat agar melaksanakan tugas pencegahan wabah virus COVID-19 di Sulsel menerapkan prinsip cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergis.

Saat memimpin rapat terbatas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVD-19 Provinsi Sulsel 2020, dia menekankan bahwa seluruh personel yang terlibat harus menyadari dan meyakini bahwa masalah virus yang dihadapi saat ini akan mampu diatasi dengan mengedepankan kebersamaan dan keterpaduan.

"Tidak akan ada jalan tanpa kebersamaan, mulai saat ini kita akan dengarkan tentang tugas dan fungsi kita masing-masing untuk kita tindaklanjuti bersama," katanya.

Dalam pelaksanaan tugas pencegahan COVID-19, kata dia, akan dibentuk dokter siaga yang bertugas memberikan bantuan pelayanan kesehatan secara cepat dan mengecek kondisi nyata perkembangan pasien di rumah sakit rujukan yang telah ditentukan.

"Semua tenaga medis harus diyakinkan keamanan dan kesiapannya untuk bergerak dan nanti mereka akan ditampung di Hotel Grand Sayang," kata  Andi Sumangerukka.

Hal senada dikemukakan Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Halim Pagarra yang mengajak seluruh personel yang tergabung dalam gugus tugas untuk segera menyamakan persepsi.

"Kita harus sama-sama bekerja untuk menghasilkan hasil yang maksimal, siapa lagi kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang," ujarnya.

Sedangkan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengajak semua yang terlibat dalam gugus tugas untuk memahami dengan betul apa yang menjadi tanggung jawabnya dengan mengedepakan kerja sama.

Baca juga: Kadis Kesehatan Sulsel mengakui positif COVID-19 tanpa gejala

Baca juga: Sulsel siapkan hotel bagi tenaga medis COVID-19

Baca juga: Masyarakat tanpa gejala di Sulsel diminta tak periksa COVID-19

Baca juga: ACT Sulsel lakukan penyemprotan disinfektan 10 hari di Makassar

 
Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemprov Sulsel Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam tugas perdananya menggantikan Kadis Kesehatan Sulsel dr Muhammad Ichsan Mustadi di Gedung Manunggal Mini, Makassar, Sabtu (28/3/2020). (FOTO ANTARA/HO-Pendam Hasanuddin)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020