PNS Karawang meninggal diperlakukan mirip korban COVID-19 saat dikubur

PNS Karawang meninggal diperlakukan mirip korban COVID-19 saat dikubur

Ilustrasi - Virus corona. ANTARA/Shutterstock

Karawang (ANTARA) - Seorang pegawai negeri sipil Pemerintah Kabupaten Karawang, Jabar, yang meninggal dunia mendapat perlakuan seperti korban corona atau COVID-19 saat pemakaman, Minggu, padahal belum ada kepastian terpapar corona atau tidak.

"Tetangga saya meninggal di Rumah Sakit Saraswati, Cikampek, saat menjalani perawatan," kata Yusup Nurwenda, tetangga PNS yang meninggal dunia tapi mendapatkan perlakuan pasien positif COVID-19.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Jember bertambah jadi dua orang

PNS yang meninggal dunia itu berinisial DA, menjabat salah satu kepala bidang di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, tinggal di wilayah Dawuan, Karawang.

Menurut Yusup, keterangan dari keluarga itu DA menderita sakit paru. Tapi informasi yang dihimpun, tidak boleh dibesuk selama perawatan di rumah sakit.

Pada akhirnya, DA meninggal dunia dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Karang Mulang, Dawuan Tengah, Karawang.

Sementara itu, perlakuan terhadap DA itu mirip dengan pasien yang meninggal akibat terpapar corona. Jenazah dibawa ke makam dengan menggunakan ambulans dan diturunkan menggunakan tempat tidur dorong rumah sakit.

Baca juga: KNPI Malaysia surati Presiden RI agar bantu WNI

Lalu tempat tidur dorong rumah sakit itu dibawa ke komplek pemakaman. Selanjutnya petugas menurunkan jenazah yang terbungkus dalam kantong jenazah ke liang lahat.

Pemakaman hanya dilakukan oleh beberapa petugas dan warga. Mereka semuanya menggunakan alat pelindung diri.

Tidak terlihat keluarga dan saudara serta warga setempat yang mendekati makam. Pihak keluarga dan warga hanya menyaksikan prosesi pemakaman itu dari jauh.

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nurdin enggan memberi jawaban apakah meninggalnya PNS berinisial DA itu akibat terpapar corona atau tidak. 

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Lampung-ASDP gunakan sistem pendataan penumpang
Baca juga: Gubernur Gorontalo imbau LSM dan ormas jadi relawan cegah COVID-19
Baca juga: Bupati imbau warga perantauan tak pulang ke Pamekasan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Idul Fitri 2020, Arab Saudi lockdown empat hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar