Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Alex Marquez meraih kemenangan pertamanya di musim ini, bukan di atas aspal sirkuit sebenarnya melainkan di balapan virtual perdana MotoGP pada Minggu.

Kendati musim balapan MotoGP ditunda imbas wabah virus corona, Alex setidaknya merasakan kemenangan di debutnya tahun ini melawan para rival-rivalnya lewat kompetisi video game MotoGP bertajuk #StayAtHomeGP itu.

Adik dari Marc itu memperlihatkan kepiawaiannya mengendalikan motor dengan stick PlayStation mengalahkan Francesco Bagnaia dan Maverick Vinales yang melengkapi podium hari itu, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Marquez incar kemenangan pertama musim ini di balapan virtual MotoGP

"Fantastis, hasil yang memuaskan. Ajang yang sangat menyenangkan dengan para pebalap lainnya dan aku sangat senang memenangi balapan pertamaku," kata Alex di laman resmi tim.

"Aku menemukan setting yang baik dengan RC213V di mana memungkinkan aku membalap seperti yang aku ingini dan aku sadar jika aku memilki lintasan yang sedikit berbeda yang aku butuhkan.
 
Baca juga: Musim 2020 tertunda, MotoGP kini dipusingkan agenda kejar tayang

"Walaupun hanya enam lap kalian harus benar-benar fokus karena dengan satu kesalahan semuanya bisa berantakan.

Balapan virtual itu digelar resmi oleh MotoGP untuk mengisi kekosongan kalender awal tahun ini karena pandemi corona.

Sepuluh pebalap MotoGP ikut berpartisipasi dalam balapan sepanjang enam putaran di Sirkuit Mugello itu, diawali dengan babak kualifikasi selama lima menit di mana Fabio Quartararo meraih pole position.

Meski start dari posisi terdepan, Quartararo sempat tabrakan dengan calon rekan satu timnya di Yamaha Maverick Vinales, sehingga Marquez dan Bagnaia memanfaatkan celah itu untuk melesat ke depan.

Kecakapan setiap pebalap berbeda-beda ketika dihadapkan dengan balapan virtual itu, namun Alex dan Bagnaia mampu mempertahankan posisinya di barisan depan, sementara sejumlah pebalap lainnya terlibat tabrakan.

Di lap keempat, Alex mampu mempertahankan keunggulan satu detik di depan Bagnaia.

Baca juga: Obati kerinduan fans, MotoGP akan hadirkan balapan virtual

Berniat untuk mengejar, pebalap Pramac Ducati itu justru terjatuh dan kehilangan banyak waktu sehingga Alex finis tujuh detik di depan.

Vinales, yang terjebak tabrakan di tikungan pertama, merebut podium ketiga, 1,4 detik di belakang Bagnaia.

Quartararo finis peringkat empat di depan juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez dan duet Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir.

Posisi finis terakhir dihuni oleh Miguel Oliveira sedangkan rekan satu timnya di KTM Iker Lecuona serta Aleix Espargaro yang memakai motor Aprilia gagal menyelesaikan balapan.

"Aku sangat menikmatinya dan semoga semua yang menonton juga. Semoga semua orang tetap mengikuti saran dari dokter dan para ilmuwan sehingga kita semua bisa kembali ke kehidupan yang normal, bertemu teman dan keluarga, menikmati udara luar dan balapan," kata Alex.

Baca juga: Bos Dorna bicara situasi terkini MotoGP pasca diundurnya GP Argentina

Seri kedua balapan virtual MotoGP dijadwalkan digelar pada 12 April nanti.

Hasil balapan virtual MotoGP di Mugello
1. Alex Marquez, 6 Lap, 10:38,643
2. Francesco Bagnaia, +7,093 detik
3. Maverick Vinales, +8,496 detik
4. Fabio Quartararo, +9,968 detik
5. Marc Marquez, +14,416 detik
6. Alex Rins, +19,548 detik
7. Joan Mir, +23,247 detik
8. Miguel Oliveira, +29,702 detik
9. Iker Lecuona, NC
10. Aleix Espargaro, NC

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020