Uji coba peluncuran roket dilakukan dengan sukses
Seoul (ANTARA) - Uji coba terbaru Korea Utara terhadap peluncur roket ganda super besar yang dilaksanakan sehari sebelumnya berlangsung sukses, kata Kantor berita pemerintah Korea Utara KCNA, Senin.

Korea Utara menembakkan apa yang tampak sebagai dua rudal balistik jarak pendek di lepas pantai timurnya pada Minggu.

Langkah terbaru itu merupakan bagian dari serangkaian peluncuran rudal balistik Korut yang dianggap Korea Selatan sebagai "langkah tidak tepat" di tengah pandemi virus corona.

Kantor berita KCNA mengatakan peluncuran itu bertujuan untuk memeriksa fitur strategis dan teknis dari "peluncur roket berganda super besar", yang telah diuji beberapa kali sejak Agustus lalu yang diawasi oleh pemimpin Kim Jong Un, sebelum peluncuran.

Namun, KCNA tidak menyebutkan kehadiran Kim pada saat pelaksanaan tes terbaru, yang dipimpin oleh wakil ketua partai berkuasa Korut Ri Pyong Chol dan dilakukan di Akademi Ilmu Pertahanan Nasional.

"Penyebaran operasional sistem senjata peluncur roket ganda super besar adalah pekerjaan yang sangat penting dalam mewujudkan niat strategis baru partai untuk pertahanan nasional," kata Ri seperti dikutip KCNA dalam kegiatan uji coba. Namun, Ri tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Uji coba peluncuran roket dilakukan dengan sukses," tambah KCNA.

Uji coba kali ini merupakan yang keempat selama bulan Maret sejak Korea Utara melakukan latihan militer dan memulai kembali peluncuran rudal setelah sempat berhenti selama tiga bulan.

Langkah itu menunjukkan kemajuan pengembangan senjata Pyongyang sementara negosiasi denuklirisasi dengan Amerika Serikat masih tidak jelas.

Reuters

Baca juga: Korut tembakkan lebih banyak rudal di tengah pandemi corona
Baca juga: Korsel: Korut tembakkan rudal-rudal diperkirakan jenis jarak pendek

Penerjemah: Yuni Arisandy
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020