Depok (ANTARA) - Anggota DPR Dapil Depok-Bekasi Intan Fauzi meminta pemerintah untuk menjamin ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan karena banyak di daerah yang kekurangan alat tersebut.

"Kami minta kepada Kementerian dan Lembaga serta Ketua Gugus Tugas COVID-19 Nasional, Doni Monardo untuk secepatnya menjamin ketersediaan APD bagi para tenaga kesehatan dan tenaga medis yang menjadi frontliners penanganan Virus Corona," kata dalam keterangan tertulis, Senin.

Baca juga: Anggota DPR dorong pemerintah lakukan sosialisasi terkait virus corona

Intan mengatakan ketersediaan alat kesehatan, obat dan jejaring Rumah Sakit serta Laboratorium untuk penanganan COVID-19 sangat penting, mengingat tenaga kesehatan dan para medis merupakan garda terdepan pencegahan penyebaran Virus Corona ini.

Selain itu Intan juga berharap pelaksanaan Rapid Test bisa dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada sehingga hasilnya sesuai yang diharapkan.

"Harus dipastikan juga ketersediaan dan adanya sosialisasi prosedur serta mekanisme yang tepat dalam pelaksanaan Rapid test," tegasnya.

Untuk membantu pemerintah, politisi PAN tersebut menyalurkan bantuan berupa peralatan disinfektan, obat-obatan, makanan sehat Ibu, dan Balita, serta kelengkapan untuk tenaga medis antara lain Alat Pelindung Diri (APD) Coverall beserta Helmet, masker, sarung tangan untuk Kota Bekasi dan Kota Depok.

"Bantuan ini merupakan wujud kepedulian sebagai wakil rakyat untuk masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19," kata Intan.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Depok meninggal empat orang

Untuk itu Intan berharap bantuan ini bermanfaat untuk melindungi diri sekaligus mengantisipasi terus menyebarnya Virus yang sangat agresif dan mematikan.

Hal ini sekaligus bisa membantu meringankan pemerintah daerah serta masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Bantuan yang diberikannya ini tidak hanya berhenti sampai disini. Saya akan terus memantau perkembangan yang terjadi dan terus berupaya memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi bencana yang sedang terjadi," ujarnya.

Intan bersama anggota DPRD Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Depok, Azhari, Nurhasan dan Lahmudin Abdullah menyampaikan berbagai bantuan berupa makanan balita, obat obatan untuk puskesmas dan alat disinfektan untuk disalurkan kepada masyarakat dll di berbagai wilayah Kota Depok.

Baca juga: Pemkot Depok bantu logistik bagi ODP dan PDP

Baca juga: Depok pusatkan Alun-alun sebagai tempat rapid tes COVID-19


Baca juga: 10 orang PDP meninggal di Depok, sebut Gugus Tugas COVID-19

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020