Jakarta (ANTARA) - 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional, ucapan dan harapan pun dilantunkan oleh pekerja film Indonesia hari ini.

Melalui akun sosial media masing-masing, para pembuat film memberikan ucapan selamat Hari Film Nasional dan berharap agar industri film Indonesia semakin maju dan kreatif.

"Selamat hari film nasional, Indonesia. Semoga para pembuat filmnya semakin bijak dan dewasa dalam bersikap walau tetap liar dan berani dalam melahirkan idenya. Berkarya dengan vibrasi kebaikan di mana pun berada #HariFilmNasional," ujar sutradara Nia Dinata melalui Twitter dikutip Senin.

Baca juga: Melihat sinema dari perspektif sineas muda Aditya Ahmad

Baca juga: Jelang Hari Film, ini enam bintang muda paling bersinar


Berbeda dari Nia, Joko Anwar mengucapkan terima kasih kepada seluruh pekerja film yang sudah mengabdikan hidupnya. Ia juga tak lupa menyapa penonton yang telah bersedia mendukung film Indonesia.

Sutrada "Gundala" itu menuliskan, "selamat Hari Film Nasional, teman-teman! Terima kasih untuk para pekerja film yang selalu bikin film dengan dedikasi, skill, dan hati. Terima kasih buat penonton yang selalu merayakan film dan pencapaian film Indonesia!". 

Sementara itu, sutradara Garin Nugroho mengungkapkan soal keberadaan film sebagai media yang mampu memberi inspirasi bagi penonton. Menurut Garin, film juga bisa menjadi sarana untuk menggugat suatu keadaan.

"Selamat Hari film, dikenal awalnya sebagai Gambar Hidoep, ia akan menemani dan menghidupkan ruang hidup kita lewat beragam media dengan aliran gambar yang membawa inspirasi dan cara melihat hidup dalam beragam cara pandang, baik kenyataan, fiksi ataupun ekspresi pembuat film, tentang cinta, kepahlawanan, kemanusiaan, gugatan, renungan, karakter manusia hingga peristiwa tak tersentuh dalam hidup kita," kata Garin.

"Doa kebersamaan untuk mereka yang hidup dan
menghidupi film #historiagarin @ifdc #demifilmindonesia #cinema #film#pusbangfilm," lanjutnya.

Baca juga: Rayakan Hari Film Nasional, saksikan 10 rekomendasi film Indonesia

Baca juga: Mengenal Film 'B' dan melihat jejaknya di Indonesia

Baca juga: 10 film besar Indonesia yang tak tembus 1 juta penonton


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020