Presiden pastikan ada stimulus ekonomi untuk UMKM terdampak COVID-19

Presiden pastikan ada stimulus ekonomi untuk UMKM terdampak COVID-19

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui siaran langsung video tentang Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19 dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin (30/3/2020). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres.

pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memastikan akan ada stimulus ekonomi untuk UMKM yang terdampak COVID-19 sehingga usaha mereka bisa terus berjalan di tengah pandemi dan bangkit setelahnya.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui siaran langsung video tentang Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19 dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin, mengatakan pemerintah segera menyiapkan stimulus ekonomi untuk UMKM dan pelaku usaha informal.

“Bagi UMKM, pelaku usaha, dan pekerja informal tadi sudah kita bicarakan bahwa pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi,” kata Presiden.

Kepala Negara menegaskan bahwa stimulus ekonomi dan program perlindungan sosial yang dimaksud akan segera diumumkan kepada masyarakat dalam waktu dekat ini.

“Ini yang akan segera kita umumkan kepada masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Banyak pihak yang berharap bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dan perlakuan khusus kepada UMKM karena situasi pandemi COVID-19 yang melanda.

Kondisi ini dinilai berbeda dengan krisis pada 1998 di mana sektor UMKM justru menjadi penopang ekonomi di saat sektor perbankan di Tanah Air berguguran.

Sementara kondisi saat ini, UMKM justru menjadi sektor yang terpukul secara langsung dari dampak wabah COVID-19 karena menurunnya daya beli masyarakat secara signifikan terutama di level terbawah.

Baca juga: Sri Mulyani sebut stimulus jilid tiga fokus pada bidang kesehatan
Baca juga: Dampak corona, pemerintah beri keringanan kredit motor ojek daring
Baca juga: Pentingnya stimulus mitigasi kesehatan bagi penanganan COVID-19

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jokowi minta Menkes dan Gugus Tugas Pusat kendalikan Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar