Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengajak masyarakat melakukan shalat hajat di rumah masing-masing secara serentak pada 1 April 2020.

"Saya mengajak semua ummat Islam bersama-sama seusai salat maghrib melakukan salat hajat untuk meminta kepada Allah SWT agar bangsa ini segera dijauhkan dari wabah COVID-19," kata Herman Deru pada acara pembukaan Rumah Sehat COVID-19 di Jakabaring, Palembang, Senin.

Melalui acara yang dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto, Ketua DPRD provinsi R.A Anita Noeringhati, Ketua Pengadilan Tinggi Soedarmadji, Gubernur mengharapkan ajakan tersebut dapat disosialisasikan secara maksimal sehingga salat hajat benar-benar bisa dilakukan secara massal di 17 kabupaten/kota provinsi ini.

Baca juga: MUI: Sebaik-baiknya shalat adalah shalat yang dilakukan di rumah

Baca juga: Warga NU di Surabaya diimbau shalat lima waktu berjamaah di rumah

Baca juga: Fatwa MUI: Paramedis tangani COVID-19 boleh shalat tanpa wudhu


Untuk melakukan shalat hajat serentak, pihaknya mengupayakan siaran langsung ulama yang membimbing salat hajat bersama memohon ridho kepada Allah SWT agar terhindar dari ujian wabah COVID-19 melalui stasiun televisi lokal dan radio live streaming.

Menghadapi pandemi COVID-19 sejak beberapa bulan terakhir telah dilakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Penyemprotan cairan disinfektan di ruang publik, sekolah, perkantoran dan fasilitas umum serta penerapan kebijakan bekerja dan belajar di rumah sudah dilakukan.

Usaha pencegahan penyebaran COVID-19 itu diharapkan dapat membuahkan hasil sebagaimana diharapkan bersama dengan berdoa kepada Allah SWT melalui shalat wajib dan shalat hajat yang akan segera dilakukan secara serentak di wilayah provinsi ini, kata Gubernur.*

Baca juga: PDM Surabaya imbau masjid-mushola tidak selenggarakan shalat berjamaah

Baca juga: Azan di Batam serukan shalat di rumah

Baca juga: Wapres minta MUI rilis fatwa tangani jenazah COVID-19 dan cara shalat

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020