Hukum kemarin, KKB tembak pekerja Freeport hingga aturan mudik Lebaran

Hukum kemarin, KKB tembak pekerja Freeport hingga aturan mudik Lebaran

Satgas Operasi Nemangkawi mengevakuasi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kuala Kencana, Timika, Papua, Senin (31/3/2020). ANTARA/Dok Satgas Humas Ops Nemangkawi/pri.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita hukum kemarin (Senin, 30/3) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, mulai kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menembaki pekerja PT Freeport Indonesia di Papua hingga dasar hukum aturan mudik Lebaran 2020.

Berikut sejumlah berita hukum kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

KKB pimpinan Joni Botak tembak karyawan PT Freeport di Kuala Kencana

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pelaku penyerangan terhadap karyawan PT Freeport di Kuala Kencana, Senin, adalah kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak.

Berdasarkan laporan yang diterima, pelaku penembakan di Kuala Kencana yang merupakan wilayah operasional PT Freeport dilakukan KKB dipimpin Joni Botak yang selama ini memang beroperasi di sekitar Kali Kopi.

Selengkapnya di sini


MK pertimbangkan gelar sidang secara daring

Mahkamah Konstitusi mempertimbangkan menggelar sidang penting secara daring sehingga pemohon pengujian undang-undang tidak harus hadir di Gedung Mahkamah Konstitusi guna mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

"Sidang pengucapan putusan, mungkin akan digelar sidang jarak jauh atau daring, kami akan lihat situasi dengan memperhatikan betul protokol kesehatan, terutama physical distancing, khususnya bagi hakim konstitusi," ujar Kepala Bagian Humas dan Hubungan Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono melalui pesan singkat di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Tentara dan polisi bubarkan resepsi pernikahan di Kabupaten Bone

Tentara dan polisi membubarkan resepsi pernikahan yang tengah berlangsung di Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo di Makassar, Senin, menjelaskan bahwa pembubaran resepsi pernikahan itu dengan cara persuasif. Pemerintah sudah mengeluarkan imbauan dan aturan agar masyarakat tidak menggelar aktivitas yang bisa mengumpulkan massa supaya mencegah penyebaran virus corona.

Selengkapnya di sini


Densus 88 tangkap satu terduga teroris JAD di Batang

Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu terduga teroris berinisial ZN di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

"Terdapat penambahan penangkapan satu terduga teroris di Batang berinisial ZN," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Pemerintah siapkan perpres-inpres dasar hukum atur mudik Lebaran 2020

Pemerintah menyiapkan peraturan presiden (perpres) dan instruksi presiden (inpres) sebagai dasar hukum pengaturan mudik Lebaran 1441 Hijriah/2020 Masehi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas tentang Antisipasi Mudik Lebaran (melalui video conference) dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin, meminta semua elemen masyarakat tetap fokus pada pencegahan meluasnya COVID-19 dengan mengurangi mobilitas antardaerah.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Papua antisipasi tiga daerah rawan KKB jelang 1 Juli

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar