Pangeran Harry - Meghan Markle resmi tinggalkan tugas kerajaan

Pangeran Harry - Meghan Markle resmi tinggalkan tugas kerajaan

Pangeran Harry dan Meghan Markle di Westminster Abbey, London, Inggris pada 9 Maret 2020 (REUTERS/Henry Nicholls)

Jakarta (ANTARA) - Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, mengunggah pesan terakhir sebagai anggota keluarga kerajaan Inggris yang aktif pada Senin (30/3), sebelum membuka lembaran hidup baru tanpa gelar "Yang Mulia".

Pasangan itu mengumumkan akan mundur dari peran kerajaan pada Januari lalu. Mulai Rabu, Duke dan Duchess of Sussex akan bebas meniti karier baru, mencari uang sendiri dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Amerika Utara.

Mereka tak boleh lagi menggunakan kata "royal" untuk branding atau melakukan tugas kerajaan serta setuju tidak dipanggil "Yang Mulia".

Harry (35), cucu Ratu Elizabeth dan urutan keenam pewaris takhta Inggris, masih tetap menjadi pangeran.

"Meski kalian tidak melihat kami di sini, pekerjaan ini terus berlanjut," kata pasangan itu dalam pesan terakhir untuk lebih dari 11 juta pengikut di laman Instagram sussexroyal.

Baca juga: Bon Jovi dan Pangeran Harry rilis lagu "Unbroken"

Baca juga: Harry Styles yakin musisi akan produktif berkarya saat isolasi mandiri


"Kami tak sabar untuk kembali terhubung dengan kalian. Kalian selama ini hebat! Sampai kita bertemu lagi, Jaga diri dan jaga satu sama lain."

Harry bersama Meghan, mantan aktris, menikah pada Mei 2018 dalam pernikahan yang disebut memadukan Hollywood yang glamor ke dalam monarki, membuat mereka menjadi salah satu pasangan selebritas ternama.

Putra mereka, Archie, lahir setahun kemudian. Namun, hubungan dengan media dan kakak Harry, Pangeran William, menjadi renggang, dan mereka mengumumkan akan mundur dari tugas kerajaan pada Januari.

Harry dan Meghan takkan bisa menggunakan akun Instagram Sussexroyal atau mengunggah informasi baru di laman SussexRoyal.com. Kini mereka akan fokus pada keluarga selama beberapa bulan mendatang sembari "membangun organisasi nirlaba baru', kata kantor mereka dalam keterangan resmi.

"Duke dan Duchess of Sussex menginginkan fokus saat ini tetap pada respons global terhadap COVID-19."

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke Los Angeles

Baca juga: Kalung Meghan Markle kandung pesan manis untuk Pangeran Harry


Mereka terakhir kali muncul di publik awal bulan ini dalam layanan Hari Persemakmuran di London. Harry dan Meghan kemudian kembali ke Kanada, tempat mereka tinggal selama empat bulan. Sumber kerajaan mengonfirmasi mereka kini pindah ke area Los Angeles.

Meghan yang dikenal lewat drama "Suits" dibesarkan di sana dan ibunya, Doria, masih tinggal di sana.

Sejak mengumumkan mundur, ada pertanyaan tentang siapa yang akan membayar biaya pengamanan yang diperkirakan media menghabiskan waktu jutaan dolar per tahun.

Kanada mengatakan takkan membayar dana itu, sementara Presiden AS Donald Trump juga mencuit AS tidak akan mau membiayainya.

Namun, juru bicara dari Harry dan Meghan mengatakan mereka tak akan meminta dana publik untuk keamanan karena semua dibiayai sendiri.

Pekerjaan pertama Meghan setelah mundur dari tugas kerajaan adalah menjadi narator film dokumenter "Elephant" untuk Disney yang akan tayang pada 3 April.

Baca juga: Meghan Markle jadi narator film Disney, tayang 3 April

Baca juga: Meghan Markle dapat tawaran bekerja untuk "The Simpsons"

Baca juga: "Panggil saja Harry", pangeran jalani tugas akhir kerajaan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar