Masker yang Basmi Flu Babi Siap Perangi Wabah

     HONG KONG, 27 April (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) -- Filligent, perusahaan bioteknologi yang berkedudukan di Hong Kong, mengerahkan persediaan BioMask anti infeksinya guna ikut memerangi penyebaran di seluruh dunia jenis baru Influenza A yang mematikan dari Meksiko. BioMask adalah masker medis pertama yang membasmi virus Influenza A dalam beberapa detik setelah kontak sambil mempertahankan kemudahan bernafas para pekerja yang berada di lokasi wabah dan anak-anak, yang seringkali tertular penyakit. "Organisasi kemanusiaan dan pemerintah merupakan pihak yang bertanggungjawab mencegah infeksi, khususnya di kalangan anak-anak," kata CEO Melissa Mowbray-d'Arbela. "Kami menyediakan sumber daya yang memenuhi kebutuhan mereka. BioMask dirancang khusus untuk situasi seperti ini."
   
     Menurut para ahli di bidang wabah, masker yang efektif, seperti BioMask pembasmi kuman, dapat mengurangi jumlah kasus dari satu juta menjadi hanya enam, dalam enam bulan pertama wabah. Saat ini, jenis baru flu babi telah menewaskan lebih dari 81 orang di Meksiko serta menyebar ke Amerika Serikat dan, melalui udara, ke Selandia Baru. Pencegahan amat penting. "Kami minta orang bersabar menunggu obat anti virus atau vaksin dikirimkan atau, sekiranya terjadi penolakan terhadap obat, dibuat," kata CEO Filligent. BioMask yang bersertifikasi CE ini, yang membunuh 99,9% bakteri dan virus saat kontak, merupakan senjata ampuh yang mencegah penyebaran flu babi, jenis Influenza A.

     Virus Influenza A dapat tetap hidup di tangan dan kulit selama berjam-jam atau berhari-hari. Penularan antar manusia juga terjadi dengan menyentuh benda-benda yang tercemar. BioMask yang dapat membersihkan sendiri ini mengurangi resiko pencemaran silang dengan terus-menerus membasmi kuman. Karena ia tetap bebas kuman setelah disentuh, BioMask khususnya cocok digunakan oleh anak-anak, yang cenderung ceroboh dan gelisah saat memakai masker.

     Filligent merancang BioMask untuk menahan serangan wabah penyakit. Selain terjangkau harganya sebagai masker standar, ia kebal terhadap pencemaran jamur dan kondisi ekstrim, termasuk kelembapan, panas atau dingin. Ia dikemas secara datar dan dapat segera dibuat. "Kami bekerjasama dengan pengecer dan organisasi kemanusiaan untuk menjual BioMask dan produk anti infeksi lain kami sesegera mungkin."
   
     BioMask berdasarkan teknologi "penyaringan pintar" dan dibuat dari bahan berlapis-lapis yang dirancang dan diuji secara ilmiah serta memiliki lapisan aktif unik dalam struktur dalamnya yang bersifat anti mikroba. Lapisan aktif ini mendeteksi, memerangkap dan kemudian segera membasmi patogen, dalam waktu beberapa menit setelah kontak.

     Lapisan kain paten BioFriend(TM) ini MEMERANGKAP patogen dengan meniru situs-situs pada sel manusia di mana mereka biasanya menempel, kemudian MEMUSNAHKANNYA dengan merusak permukaannya (virus) dan dinding sel (bakteri). Banyak virus, termasuk virus influenza, diketahui mengikat pada asam sialik terminal yang tertinggal di permukaan selaput sel manusia. Zat pengikat pada kain BioFriend(TM) meniru aksi mengikat asam sialik pada virus influenza. 
   
     Masker yang biasanya (termasuk masker bedah standar dan N95) tidak membunuh patogen di udara. Mereka hanya berdasarkan rancangan penyaringan mekanis pasif. Oleh karena itu, mikroba pada atau di dalam masker dapat tetap hidup selama berjam-jam, sehingga sangat meningkatkan kemungkinan pencemaran silang. Apabila dibandingkan dengan masker N95 yang ketat, BioMask jauh lebih unggul dalam hal kemanjuran, kenyamanan dan kemudahan bernafas.

     Sebagai bagian dari proses pengujian CE, BioMask disemprot dengan virus Influenza A hidup yang setara dengan 50 kali jumlah yang keluar pada saat seseorang bersin (Flu babi Meksiko adalah sejenis virus Influenza A.) Lebih dari 99,9% virus tersebut mati setelah kurang dari satu menit. Uji serupa dilakukan atas patogen penting lain, dengan hasil yang sama. Ketika BioMask diuji dalam hal semua jalur paparan utama, lewat mulut dan kulit, ia terbukti tidak membahayakan manusia. BioMask telah diuji untuk kecocokan hayati pada kulit menyusul standar yang diakui di manca negara yang telah ditetapkan dalam ISO10933: Evaluasi Hayati Peralatan Medis. Uji dilakukan untuk mengevaluasi peracunan terhadap sel, iritasi kulit pada saat kontak, dan pemekaan kulit setelah kontak berulang. Tidak tampak adanya peracunan sel, iritasi atau pemekaan.

     BioMask merupakan yang pertama dalam rangkaian produk baru perawatan pribadi anti mikroba, BioFriend(TM), yang diluncurkan pekan ini. Dengan mematuhi Arahan Peralatan Medis 93/42/EEC Masyarakat Eropa, Filligent memenuhi persyaratan ketat Uni Eropa akan rancangan, kemanjuran dan keselamatan BioMask-nya yang inovatif dan membasmi kuman.

     Tentang BioFriend(TM)
   
     Pada 2008, Filligent mengembangkan teknologi revolusioner, bernama BioFriend(TM), yang membunuh virus dan bakteri saat kontak. Teknologi molekular BioFriend dapat diterapkan pada substrata seperti serat kain rayon dan katun. BioFriend(TM) menangkap patogen dengan meniru situs-situs pada sel manusia di mana mereka biasanya menempel, kemudian, memusnahkannya dengan merusak permukaannya (virus) dan dinding sel (bakteri). BioFriend(TM) membunuh kuman termasuk kuman penyebab Influenza A (termasuk jenis yang mewabah seperti flu babi Meksiko), Herpes Simplex, rhinovirus, pilek, campak, pneumonia (radang paru), SARS, tuberkulosisi, streptococcus, dan MRSA. Dengan hanya mentargetkan unsur-unsur yang berbahaya, teknologi penyaringan pintar BioFriend mengoptimalkan kemudahan bernafas dan kenyamanan. Dengan kemampuannya membasmi beragam mikroba, sambil diterapkan pada beragam substrata, BioFriend(TM) tentu saja dapat digunakan pada seluruh produk konsumsi. BioFriend(TM) tidak hanya mencegah dan melindungi dari infeksi, tapi juga menjaga barang-barang yang digunakan untuk keperluan pribadi sehari-hari, yang mudah tercemar bakteri dan virus, tetap aman dan bersih.

     Tentang Filligent
   
     Filligent adalah perusahaan bioteknologi Hong Kong yang mengembangkan teknologi 'penyaringan pintar' canggih dan terjangkau yang memerangi penyebaran penyakit. Dengan menggunakan kimia hayati di tingkat molekul, teknologinya menyingkirkan patogen dan bahan kimia berbahaya, dari udara, air, dan permukaan - termasuk kulit manusia, membasmi atau melumpuhkannya sebelum memasuki tubuh manusia. Filligent memberi rakyat biasa peralatan terjangkau dan canggih yang melindungi dari penyakit menular atau penyakit lain. Filligent memberi rakyat Pilihan untuk Sehat.

     Untuk keterangan tambahan, kunjungi:
   
     Joanne Ooi
     Kepala bidang Pemasaran
     Filligent Limited
     +852-2542-2400
     Joanne.ooi@filligent.com
   
     SUMBER: Filligent

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Menkes pastikan pasien yang meninggal di Semarang negatif corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar