Banjir di Kecamatan Dayeuhkolot merendam 4.093 unit rumah
Bandung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan banjir yang menerjang Kelurahan Andir dan Kelurahan Baleendah, di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, sejak Senin (30/3) malam dengan ketinggian air mencapai 20 cm hingga 250 cm (2,5 meter) telah merendam ribuan rumah.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, dalam siaran persnya, Selasa, mengatakan banjir di Kecamatan Baleendah merendam 4.439 unit rumah dan 5.515 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di wilayah tersebut.

Budi mengatakan selain Kecamatan Baleendah, banjir di wilayah Kabupaten Bandung juga menerjang kecamatan lain seperti Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Banjaran, Kecamatan Ciparay, Kecamatan Bojongsoang.

Baca juga: Banjir bandang terjang tiga desa di Kabupaten Bandung Barat

Di Kecamatan Dayeuhkolot, banjir menerjang tiga desa yakni Desa Dayeuhkolot, Desa Citeureup dan Kelurahan Pasawahan dengan jumlah warga terdampak mencapai 5.688 kepala keluarga.

"Banjir di Kecamatan Dayeuhkolot merendam 4.093 unit rumah dan 111 jiwa mengungsi. Ketinggian air di Kecamatan Dayeuhkolot mencapai antara 10 cm hingga dua meter," kata dia.

Selain banjir, lanjut Budi, musibah tanggul jebol juga terjadi di Kecamatan Solokanjeruk yakni di Sungai Cisunggalah pada Senin (30/3) malam.

Baca juga: Banjir landa tujuh kecamatan di Kabupaten Bandung

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020