Kebakaran lahan di provinsi Sichuan China tewaskan 19 orang

Kebakaran lahan di provinsi Sichuan China tewaskan 19 orang

Ilustrasi kebakaran lahan . (Antara)

Beijing (ANTARA) - Kebakaran lahan yang mengancam lokasi penyimpanan gas minyak bumi (LPG) dan dua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) menewaskan 19 orang, termasuk 18 petugas pemadam kebakaran, di Provinsi Sichuan, China, seperti dilaporkan Kantor Berita Xinhua dan pejabat setempat, Selasa.

Api mulai berkobar pada Senin di salah satu lahan pertanian dan merembet ke pegunungan terdekat akibat tersapu angin kencang, sehingga membakar 1.000 hektar lahan pada tengah malam, menurut laporan. Xinhua tidak menjelaskan bagaimana kebakaran itu bermula.

Api secara langsung kini mengancam fasilitas utama di pusat kota Xichang, termasuk stasiun penyimpanan LPG, dua SPBU, empat sekolah dan pusat perbelanjaan terbesar kota tersebut, kata pemerintah kota Xichang di akun media sosial miliknya.

Sekitar 690.000 orang tinggal di kota tersebut, yang berada sekitar 340 km barat daya dari ibu kota Chengdu.

Gambar dan video yang dirilis oleh media pemerintah China menunjukkan asap dan kobaran api mengarah ke Xichang, dengan barisan panjang truk pemadam kebakaran untuk mencegah kobaran api merembet ke bangunan di sebelahnya.

Lebih dari 1.200 warga setempat telah dievakuasi dan 2.000 lebih pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api, Xinhua melaporkan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Empat tewas akibat kebakaran pabrik di China
Baca juga: Kebakaran rumah di Guangxi tewaskan lima, lukai 30

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lancang Kuning Nusantara jadi rujukan 12 polda pantau karhutla

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar