Keluarga besar HMI Kalbar gelar aksi sosial cegah COVID-19

Keluarga besar HMI Kalbar gelar aksi sosial cegah COVID-19

Ilustrasi: Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Kalimantan Barat bersama Majelis Wilayah Korp Alumni Kohati (MW Forhati) dan Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) akan menyiapkan aksi bersama untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Pontianak (ANTARA) - Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Kalimantan Barat bersama Majelis Wilayah Korp Alumni Kohati (MW Forhati) dan Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) menyiapkan aksi bersama untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Koordinator kegiatan aksi yang dinamakan "Keluarga Besar HMI Peduli COVID-19" itu, Mochamad Desky di Pontianak, Selasa mengatakan pihaknya bakal menggelar sejumlah aksi kegiatan yang dilakukan secara bertahap.

Baca juga: IFC Chapter Pontianak rangkul penjahit produksi APD COVID-19

Tahap pertama, kata Desky, akan dilakukan tiga kegiatan sosial, yakni penyediaan fasilitas cuci tangan, gerakan mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah dan gerakan untukmu para pejuang COVID-19.

Desky yang juga tenaga medis senior di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura itu menjelaskan untuk penyediaan fasilitas cuci tangan, berupa tong air yang sudah dilengkapi dengan keran agar masyarakat dapat lebih sering mencuci tangan.

Fasilitas cuci tangan ini nantinya akan ditempatkan di ruang publik atau tempat yang dilalui banyak orang. "Kalau gerakan mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah, teknisnya kami akan berkeliling ke gang-gang dan kompleks perumahan di Kota Pontianak sambil mengajak masyarakat untuk tetap berada di rumah mereka masing-masing," ujar dia.

Ia menambahkan dalam gerakan tersebut, pihaknya mengingatkan warga akan pentingnya berada di rumah saat kondisi seperti sekarang, karena dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Gubernur Kalbar persilahkan pemda lakukan penutupan wilayah

"Bersamaan dengan gerakan tinggal di rumah juga akan ada tim kita yang membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara gerakan untukmu para pejuang COVID-19, lanjut Desky, diadakan dengan menyasar rumah sakit, utamanya yang tenaga medis sedang merawat pasien positif korona atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Desky menerangkan gerakan tersebut bakal dikemas dalam bentuk pemberian bantuan kepada para tenaga medis yang tengah berjuang melawan COVID-19.

Baca juga: Kadin Kalbar berikan bantuan APD tangani COVID-19 di Pontianak

Baca juga: HIMPSI Kalbar berikan konsultasi gratis terkait wabah COVID-19

Baca juga: Pemprov Kalbar masih berlakukan larangan masuknya WNA China


"Bantuan yang kami berikan nantinya berupa alat pelindung diri dan makanan serta minuman penambah daya imun tubuh," ungkap lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua MW KAHMI Kalbar Muhammad Yusuf menyatakan bahwa kegiatan KB HMI Peduli COVID-19 ini akan diadakan dalam waktu dekat.

Ia berharap, aksi ini nantinya dapat terlaksana dengan lancar dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di wilayah Kota Pontianak khususnya dan Kalbar pada umumnya.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar