Gojek luncurkan 12 program kesejahteraan mitra pengemudi

Gojek luncurkan 12 program kesejahteraan mitra pengemudi

Petugas sedang melakukan penyemprotan disinfektan kepada sepeda motor mitra pengemudi Gojek di Jakarta, Selasa (31/03/2020). (ANTARA/HO-Gojek)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi penyedia layanan jasa berbasis aplikasi, Gojek meluncurkan 12 program kesejahteraan mitra pengemudi demi keberlangsungan mata pencaharian di tengah penurunan aktivitas masyarakat akibat pandemi COVID-19.

“Mitra pengemudi kami, kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan," ujar Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Mitra tenang, Gojek berkomitmen bantu untuk selalu sehat dan aman

Ia menjelaskan, dua belas program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra yakni penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian dan bantuan pendapatan.

“Seluruh inisiatif ini kami rancang sedemikian rupa agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada para mitra kami di saat masyarakat berjuang melalui krisis saat ini," tambah Co-CEO Gojek lainnya, Andre Soelistyo.

Program-program itu antara lain, pada bidang kesehatan meliputi penyediaan perlengkapan kesehatan, jaminan asuransi kesehatan (rawat jalan dan inap) dan meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan dengan materi-materi edukasi melalui notifikasi pada aplikasi.

Baca juga: Dukungan Gojek kepada mitra pengemudi dinilai bantu bisnis UMKM

Kemudian, pada bidang ringankan beban biaya harian meliputi, distribusi paket sembako untuk pengemudi di atas 60 tahun di kota-kota utama, pemberian kupon untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di minimarket dan paket makanan hemat dan sehat serta bantuan pembayaran pinjaman kendaraan berupa keringanan pembayaran cicilan kendaraan.

Sementara untuk bantuan pendapatan antara lain penambahan opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra (hingga Rp100.000), bantuan bagi pengemudi terkonfirmasi positif COVID-19 dan terakhir bantuan langsung tunai bagi yang memenuhi syarat.

Baca juga: Gojek bentuk yayasan kelola dana bantuan pengemudi

Komisaris Utama Gojek Garibaldi Thohir berharap langkah ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa, agar bisa lebih banyak menolong jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi.

Pewarta: Edy Sujatmiko dan Windi Tri Aprilia
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MPR buka donasi untuk terdampak COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar