Dua warga Ilaga berstatus ODP dirujuk ke RSUD Mimika

Dua warga Ilaga berstatus ODP dirujuk ke RSUD Mimika

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika untuk penanggulangan COVID-19, Reynold Ubra (ANTARA/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Dua warga Ilaga, Kabupaten Puncak yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) terkait wabah virus corona  pada Selasa siang dirujuk ke RSUD Mimika guna menjalani perawatan lebih intensif.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika untuk penanggulangan COVID-19, Reynold Ubra di Timika, Selasa malam mengakui kedua warga Ilaga itu dalam status pemantauan dengan riwayat perjalanan.

Mereka dirujuk ke RSUD Mimika dengan pertimbangan alasan penanganan segera, terlebih lagi karena alasan keamanan.

Baca juga: Pemerintah anggarkan pembebasan tagihan listrik Rp110 triliun

"Sampai malam ini kondisi dua orang ini dalam keadaan sehat," kata Reynold.

Kedua warga Ilaga tersebut pada Selasa siang dievakuasi dari Ilaga ke Timika menggunakan pesawat Grand Caravan milik Pemerintah Kabupaten Puncak.

Ikut mengantar kedua warga Ilaga tersebut seorang dokter yang mengenakan pakaian pelindung. Setiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, kedua warga berstatus ODP itu langsung diantar menuju RSUD Mimika.

Hingga saat ini jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Mimika yang terkonfirmasi positif tertular COVID-19 sebanyak tiga orang.

Baca juga: 5 orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Sulsel

Ketiga pasien positif COVID-19 itu semuanya memiliki riwayat perjalanan ke luar Timika. Pasien 01 diketahui baru kembali dari Jakarta pada Minggu (22/3), sementara pasien 02 diketahui baru datang dari Jogjakarta.

Adapun pasien 03 yang baru terkonfirmasi positif COVID-19 pada Selasa siang, diketahui baru kembali dari Jayapura beberapa waktu lalu dan pada Sabtu (28/3) menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kabupaten Mimika.

Jumlah PDP di Mimika secara keseluruhan sebanyak 16 orang, sementara jumlah orang dalam pemantauan sebanyak 11 orang dan jumlah orang tanpa gejala  namun memiliki hubungan erat dengan pasien COVID-19 sebanyak 47 orang.

Dari jumlah itu, warga yang menjalani isolasi di Wisma Atlet Kelurahan Timika Jaya SP2 Timika sebanyak 19 orang, terdiri atas 10 PDP, empat orang tanpa gejala dan dua ODP.

Baca juga: Keputusan PSSB di Kota Bogor dinilai sejalan dengan status KLB
Baca juga: Warga Mimika positif tertular COVID-19 bertambah menjadi tiga orang
Baca juga: Dinkes minta masyarakat tidak panik pada keluarga pasien COVID-19

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta ada terobosan penanganan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar