Trump dengan penuh syukur menerima bantuan kemanusiaan ini,
Moskow (ANTARA) - Rusia mengirim peralatan medis ke Amerika Serikat untuk membantu memerangi wabah virus corona, kantor berita Interfax melaporkan pada hari Selasa, mengutip juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Presiden Vladimir Putin membuat proposal dalam percakapan telepon dengan Presiden Donald Trump pada hari Senin, ketika mereka membahas virus corona dan pasar minyak, mengarahkan menteri energi mereka untuk berbicara.

"Trump dengan penuh syukur menerima bantuan kemanusiaan ini," kata Interfax mengutip Peskov. Sebuah pesawat Rusia dengan peralatan medis dan pelindung akan berangkat ke Amerika Serikat pada hari Selasa, tambahnya.

Kasus virus corona di AS yang dikonfirmasi telah melonjak menjadi hampir 180.000 dengan 16.000 tes positif baru dilaporkan pada hari Selasa.

Untuk hari kedua berturut-turut, Amerika Serikat mencatat lebih dari 500 kematian baru sehingga totalnya naik menjadi hampir 3.600, menurut penghitungan data resmi Reuters.

Baca juga: Pastor Florida ditangkap karena selenggarakan kebaktian massal
Baca juga: Trump batal "lockdown" New York, korban tewas corona lampaui 2.000


Hubungan antara Moskow dan Washington menjadi rumit dalam beberapa tahun terakhir karena sanksi AS kepada beberapa perusahaan Rusia.

Pemberian sanksi tersebut untuk menanggapi pencaplokan Crimea oleh Rusia pada tahun 2014 dan dukungan Rusia untuk separatis di Ukraina timur.

Dalam proses menyepakati perincian untuk pasokan medis pada hari Selasa, "Beberapa pihak Amerika setidaknya tidak berkontribusi pada penyelesaian masalah teknis yang tepat sesuai dengan perjanjian kedua presiden", kata Peskov. seperti yang dilaporkan oleh Interfax.

"Penting untuk dicatat bahwa ketika menawarkan bantuan kepada AS, presiden (Putin) mengasumsikan bahwa ketika industri peralatan dan bahan medis AS dapat memenuhi kebutuhan, Rusia dapat menerima bantuan peralatan dan bahan medis jika diperlukan," tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa Rusia dan Cina bekerja sama dengan cara yang sama sekarang sebagai "Situasi saat ini yang mempengaruhi semua orang tanpa kecuali ...,bekerja sama dalam semangat kemitraan dan bantuan timbal balik".

Sumber : Reuters

Baca juga: Ford, GE akan produksi 50.000 ventilator dalam 100 hari
Baca juga: Trump: Lebih dari sejuta warga Amerika sudah dites corona

 

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020