Tiga hari ke depan, hujan lebat berpotensi landa sejumlah wilayah RI

Tiga hari ke depan, hujan lebat berpotensi landa sejumlah wilayah RI

Ilustrasi - Awan tebal bergelayut di Surabaya, Jawa Timur, BMKG memperkirakan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/am.

berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga hari ke depan beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir.

"Kami mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," kata Kabag Humas BMKG Taufan Maulana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BMKG Kendari keluarkan peringatan dini waspada potensi hujan lebat

Dari pantauan BMKG, daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Banten, Laut Jawa bagian Timur, Selat Karimata dan di Laut Banda.

Selain itu, terpantau konvergensi memanjang dari Laut Maluku, Laut Seram, hingga Papua Barat, serta di Papua bagian Utara yang memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Hujan disertai petir masih terjadi di beberapa wilayah

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat Rabu (1/4) yaitu di Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat.

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara pada Kamis (2/4).

Sedangkan pada Jumat (3/4), wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara masih berpotensi dilanda hujan Lebat.

Baca juga: BMKG prediksi hujan disertai petir di beberapa wilayah Indonesia

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada Rabu (1/4) di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Kondisi yang sama masih berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua hingga esok harinya, 2 April 2020.

Sedangkan untuk wilayah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Maluku dan Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Jumat (3/3).

Baca juga: Di Yogyakarta, Sungai Manunggal meluap dan robohkan talut


 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG prediksi Februari-Maret puncak musim hujan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar