Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Masa sekarang semakin sulit dan itu bertepatan dengan peluncuran perdana film "X-Men Origins: Wolverine" Jumat pekan ini di mana Hollywood berupaya menawarkan film-film fantasi berbiaya darurat untuk menarik penonton yang umumnya digenggam resesi.

Menyusul di belakang "Wolverin" adalah produk daur ulang berdana besar "Star Trek," lalu film berbau konspirasi "Angels & Demons" dan film laga "Teminator Salvation." Para pemerannya pun bintang-bintang papan atas, dari Tom Hanks sampai Will Ferrell hingga Jennifer Aniston.

Mengapa semua siklus itu mengitari fllm-film Hollywood selama musim panas ini, yang mulai dari Mei sampai sepanjang Agustus nanti? Empat bulan ke depan diharapkan terkeruk 40 persen penjualan tiket tahunan, sehingga jika musim panas ini dihitung dari awal maka Hollywood akan berenang dalam lautan uang.

Tetapi seorang bintang berkata dia tidak merasa tertekan gara-gara membintangi film terheboh pertamanya di musim ini dan orang itu adalah Hugh "Wolverine" Jackman.

"Apapun yang dirilis hari ini, saya ingin itu lancar. Sangat mungkin saya menaruh lebih banyak keyakinan kepadanya --bahwa orang punya waktu untuk menontonnya-- ketimbang bagaimana film itu bisa mencetak 'box office.' Saya seorang yang sangat percaya bahwa uang dan 'box office' datang dengan sendirinya," kata Jackman kepada Reuters mengenai fillm terbarunya, "X-Men."

Meskipun versi belum rampungnya sudah keburu bocor di Internet, "Wolverine" di mana Jackman bermain sebagai seorang mutan yang berperang melawan orang-orang jahat dengan cakarnya yang bisa keluar masuk, diperkirakan mencetak "box office" di tahun yang terbukti laris ini karena penggemar fillm berusaha mencari sesuatu yang lain dari biasa mereka dapatkan.

Menurut Media by Numbers yang merunut kategori film "box office," hingga hari ini film-film "box office" sepanjang tahun ini mengeruk 3,06 miliar dolar AS atau naik 17,4 persen dibanding setahun lalu.

Tentu saja "Wolverine" tidaklah sebatas game di Tinseltown.

Film ini tayang perdana Jumat nanti mendahului "Ghosts of Girlfriends Past" yang menampilkan Matthew McConaughey sebagai pemburu wanita yang kikir yang dikunjungi hantu yang menolongnya memperbarui cintanya pada kekasih semasa kecilnya (dimainkan Jennifer Garner).

Yang juga tayang perdana di akhir pekan ini adalah film animasi bertema petualangan "Battle for Terra," yang berkisah mengenai sebuah planet asing nan damai yang diinvasi manusia.

Para penggemar film lama tampaknya sedang menantikan film petualangan angkasa "Star Trek" yang mulai tayang 8 Mei nanti. Film garapan sutradara J. J. Abrams ini muncul dalam tampilan baru pada awal petualangan para kru USS Enterprise, termasuk Kapten James T. Kirk, Spock, Sulu dan Chekov.

"Ada aura kepahlawanan saat membuat versi baru 'Star Trek' ini," kata Anton Yelchin, pemeran Chekov.

Pada 22 Mei, penonton akan disuguhi "Night at the Museum: Battle of the Smithsonian" yang bercerita tentang karakter-karekter dalam museum yang hidup kembali. Seminggu kemudian, film animasi produksi terbaru Disney/Pixar berjudul "Up" siap menggetarkan bioskop-bioskop, menceritakan kisah pak tua yang mengikatkan ribuan balon pada rumahnya sehingga mengapung ke udara demi untuk menjalani petualangan.

Namun para penggemar film tidak terus melupakan Bumi hanya demi melawan fantasi atau ancaman-ancaman futuristik. Oleh karena itu, pada 15 Mei, "Angels & Demons" -- versi layar lebar dari novel lanjutan "The Da Vinci Code" karangan Dan Brown -- siap menggedor teater dengan menyajikan kronik upaya ahli simbol Robert Langdon (Tom Hanks) dalam mengungkap rahasia-rahasia di balik Vatican.

Kemudian, pada 21 Mei, Christian Bale tampil dalam cerita perjuangan mengungkap kisah pasca kiamat dalam "Terminator Salvation."

Pada 26 Juni akan lebih banyak robot-robot jahat tampil di biskop dalam "Transformers: Revenge of the Fallen" yang mengisahkan robot yang bisa mengubah bentuk menjadi mobil dan makhluk luar angkasa yang berperang di Bumi. Film ini masih dibintangi Shia LaBeouf dan Megan Fox serta disutradarai Michael Bay.

Musim panas ini tidak akan lengkap tanpa cerita komedi dan Hollywood langsung mengajak orang masuk ke masa prasejarah demi mengocok perut.

Itu dimulai oleh Will Ferrell yang berperan sebagai seorang peneliti yang terjerembab ke pusaran waktu dalam "Land of the Lost," diambil dari serial televisi tahun 1970an dan berkisah tentang manusia zaman modern yang dikejar-kejar dinosaurus dari era prasejarah. Film ini tayang perdana pada 5 Juni.

Mengenai film "Year One" yang tayang mulai 19 Juni, sutradara Harold Ramis mengeksplorasi cerita komedi tentang orang-orang gua dimana dua pemburu pemalas (Jack Black dan Michael Cera) diusir dari dusun primitifnya.

Pada 1 Juli, "Ice Age: Dawn of the Dinosaurs" menampilkan Simon Pegg bergabung sebagai pengisi suara untuk seekor musang bermata satu yang berburu di padang salju nan luas (tundra).

Selain film-film itu, ada juga kisah-kisah hantunya.

Sutradara Sam Raimi yang membuat "Spider Man" kembali ke akarnya sebagai pembuat film horor dengan meluncurkan "Drag Me to Hell" pada Mei ini. Film ini dibintangi Alison Lohman yang berperan sebagai penagih utang yang jatuh dalam kutukan setan.

Pada Juni, zombi-zombi Nazi meneror langit dalam cerita horor dangkal garapan Norwegia, "Dead Snow."

Kembali ke dunia nyata, tema pernikahan kembali tampil dalam "The Proposal" yang tayang Juni nanti, dalam mana Sandra Bullock berperan sebagai wanita karir yang menikahi asistennya yang kikir (Ryan Reynolds) demi menghindari dideportasi ke tanah asalnya, Kanada.

Bulan Mei ini, Jennifer Aniston dan Steve Zahn membintangi "Management" yang bercerita tentang dua orang berbeda karakter dipertemukan dalam sebuah motel pinggiran jalan.

Judul film heboh lainnya yang tayang pada bulan-bulan awal musim panans ini termasuk pesta bujang di Las Vegas dalam film komedi "The Hangover" dan thriller tahun 1970an yang dirilis kembali, "The Taking of Pelham 1 2 3," diperani oleh John Travolta dan Denzel Washington.

Mengakhiri paruh pertama musim panas ini, tepatnya 1 Juli, akan hadir "Public Enemies" yang bercerita tentang trio perampok bank di era 1930an yang dibintangi Johnny Depp, Christian Bale dan Channing Tatum. Meskipun film ini tidak menolong penonton lari dari kenyataan, cerita tentang merampok bank selalu menarik para penonton.

Yang pasti, semua film ini akan membuat penonton tertarik mengikuti paruh kedua musim panas saat "Harry Potter and the Half Blood Prince" yang dinanti-nantikan orang itu, tampil masih dengan aksi-aksi sulapnya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009