Salah satu pasien positif COVID-19 Kalteng adalah WNA

Salah satu pasien positif COVID-19 Kalteng adalah WNA

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

"Tentang dokter ini, saya tidak tahu kenapa bisa tertular. Hanya saja dokter yang bertugas cukup riskan terpapar apabila pasien tidak jujur dengan riwayat sakitnya...,"
Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul membenarkan adanya informasi mengenai salah satu pasien positif COVID-19 di wilayah setempat adalah warga negara asing (WNA).

"Kami masih menelusuri riwayat dari WNA tersebut, termasuk asal dan tempatnya bekerja," katanya saat dihubungi dari Palangka Raya, Rabu.

Selain WNA, juga ada salah seorang dokter yang dinyatakan positif COVID-19. Keduanya berasal dari Palangka Raya, seperti halnya pasien positif lainnya.
Baca juga: Seorang pasien COVID-19 di Kalteng meninggal karena serangan jantung

Suyuti tidak mengetahui secara pasti tempat WNA tersebut bekerja, namun diduga ia bekerja di salah satu yayasan.

Tim Gugus Tugas terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Palangka Raya, untuk mencari tahu riwayatnya dan melacak semua kontaknya.

"Tentang dokter ini, saya tidak tahu kenapa bisa tertular. Hanya saja dokter yang bertugas cukup riskan terpapar apabila pasien tidak jujur dengan riwayat sakitnya," kata Suyuti Syamsul yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kalteng tersebut.
Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kalteng diakui tujuh orang

Untuk diketahui, berdasarkan data Tim Gugus pada Selasa (31/3) sore, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP)  41 orang dengan distribusi yakni di RSUD Doris Sylvanus  33 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 5 orang, RSUD Jaraga Sasameh Buntok 1 orang dan RSUD Muara Teweh 2 orang.

PDP berasal dari Palangka Raya 25 orang, Kotawaringin Barat 4 orang, Barito Selatan dan Barito Utara masing-masing 3 orang, Barito Timur dan Murung Raya masing-masing 2 orang, serta Katingan dan Sukamara masing-masing 1 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) jumlahnya bertambah 10 orang, sehingga totalnya hari ini menjadi 555 orang. ODP terbanyak yakni di Palangka Raya yaitu 209 orang.
Baca juga: Pemprov rancang mekanisme bantuan untuk ODP dan PDP di Kalteng

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasien sembuh COVID-19 bertambah 486, penambahan positif turun 99

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar