Bengkulu (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Adhyaksa Dault, dijadwalkan membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2009 di lapangan eks STQ, Kota Bengkulu pada 2 Mei 2009.

"Kalau tidak ada halangan, acara JPI 2009 akan dibuka oleh Bapak Menpora sekaligus membuka Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) 2009," kata Kepala Bidang Pemuda, Heriyanto, Kamis.

Seyogyanya pembukaan JPI yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi Bengkulu itu akan dibuka oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, namun karena barbagai hal, Presiden berhalangan datang.

Selain membuka JPI dan BPAP, Adhyaksa juga akan melakukan aksi simpatik gerakan Indonesia menanam pohon dan kampanye pendidikan Indonesia dikawasan Pantai Muara Bangkahulu dan Simpang lima, Kota Bengkulu.

Aksi simpatik itu akan diikuti oleh peserta JPI dari 33 Provinsi dengan melakukan orasi di simpang lima Kota Bengkulu kemudian menuju pantai Muara Bangkahulu untuk melakukan penananaman pohon.

Sebelumnya, Menpora juga akan diberi kesempatan untuk meninjau produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia pada acara pameran nasional ditempat yang sama.

Sementara itu, kontingen dari Sulawesei Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, DIY Yogyakarta dan Sulawesi Tengah dijadwalkan akan tiba hari ini (30/4).

Sedangkan kontingen dari Papua dan Kalimantan Barat sudah tiba di Bengkulu sejak Rabu (29/4).

Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah menurunkan 24 pemuda dan delapan pembina untuk mengikuti JPI yang berasal dari delapan kabupaten dan kota.

Rinciannya, Kota Bengkulu ada empat pemuda, Kepahiang empat pemuda, Mukomuko dua pemuda, Kaur dua pemuda, Seluma tiga pemuda, Bengkulu Utara dua pemuda, Bengkulu Selatan tiga pemuda, Rejang Lebong dua pemuda, dan Kabupaten Lebong dua pemuda.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009