Anas: Bu Mega instruksikan kepala daerah utamakan kesehatan rakyat

Anas: Bu Mega instruksikan kepala daerah utamakan kesehatan rakyat

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mengikuti telekonferensi bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Rabu (01/04/2020). (ANTARA Jatim/HO-dokumentasi pribadi/FA)

Ibu Mega meminta kepala daerah fokus pada upaya mencegah penyebaran COVID-19, mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat, melindungi warga miskin dan menjaga ekonomi rakyat
Surabaya (ANTARA) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepala daerah mengutamakan kesehatan rakyat di tengah wabah virus Corona atau COVID-19 di Tanah Air.

"Ibu Mega meminta kepala daerah fokus pada upaya mencegah penyebaran COVID-19, mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat, melindungi warga miskin dan menjaga ekonomi rakyat," ujarnya pada siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Rabu malam.

Instruksi tersebut, kata dia, disampaikan saat telekonferensi bersama seluruh kepala daerah se-Indonesia yang diusung PDI Perjuangan dengan bahasan fokus pada penanganan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Banyuwangi jadwal ulang ajang BMX internasional 2020 akibat corona

Telekonferensi tersebut dipandu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serta diikuti sejumlah ketua DPP PDIP, di antaranya Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Menurut Anas, arahan ketua umum menjadi penyemangat para kepala daerah untuk terus bekerja bersama Pemerintah Pusat menghadapi pandemik COVID-19 saat ini.

Megawati, lanjut dia, juga mengingatkan agar daerah memastikan adanya refocusing dan realokasi APBD untuk penanganan COVID-19, baik dari sisi kesehatan sebagai prioritas utama, jaring pengaman masyarakat miskin dan upaya-upaya strategis memulihkan ekonomi lokal.

"Kami kembali diingatkan untuk benar-benar memperhatikan aspek medis, dari kesiapan ruang isolasi, sumber daya manusia tenaga kesehatan, alat pelindung diri untuk tenaga medis hingga alat penunjang lainnya," ucapnya.

Baca juga: Tanggapan Anas terkait calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota

Selain itu, bupati dua periode itu menyampaikan bahwa Megawati mengingatkan kepala daerah membuat skema penanganan dari berbagai aspek dan segera mengeksekusinya, termasuk pentingnya kolaborasi antardaerah.

"Ibu Megawati juga menyampaikan pentingnya physical distancing demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Harus disiplin mengikuti saran para ahli kesehatan dan Presiden Jokowi," katanya.

Megawati disebutnya memberi masukan berharga terkait program jaring pengaman untuk memastikan kebutuhan dasar warga miskin bisa terpenuhi dengan baik melalui kolaborasi program pemerintah pusat dan daerah.

"Jaring pengaman di daerah juga bisa diintensifkan melalui semangat gotong royong berbagai elemen," tutur Anas.

Baca juga: Bupati Anas ingin jadi konsultan kepala daerah usai jabatan berakhir

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Layanan publik di Banyuwangi sambut era normal baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar