Manado (ANTARA) - Kodam XIII/Merdeka menerima bantuan perlengkapan kesehatan berupa cairan pembersih tangan guna penanganan penyebaran COVID-19 di rumah sakit di wilayah kodam setempat, dari Kepala Staf TNI Angkatan Daerah (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Rabu (1/4).

"Penerimaan matkes (material kesehatan) itu melalui Kesehatan Kodam (Kesdam) XIII/Merdeka," kata Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Jaelani di Manado, Rabu (1/4).

Ia mengatakan perlengkapan kesehatan itu untuk didistribusikan ke seluruh rumah sakit TNI AD yang berada di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

"Penerimaan dan pendistribusian matkes COVID-19 ini berupa 'hand sanitizer' (cairan pembersih tangan) untuk penanganan COVID-19 sebanyak 108 jerigen. Sesuai prosedur pengiriman dengan menggunakan pesawat komersiil," katanya.

Ia mengatakan rumah sakit di wilayah kodam setempat yang akan menerima distribusi cairan pembersih tangan itu, yaitu Rumkit (Rumah Sakit) Tk II R.W. Mongisidi Manado 36 kerigen, Rumkit TK III Palu Wirabuana 20 jerigen.

Selain itu, Rumkit TK. IV Poso 16 jerigen, Rumkitban Gorontalo 12 jerigen, Rumkitban Kotamobagu 12 jerigen, dan Rumkitban Toli-Toli 12 jerigen.

Baca juga: Cegah corona, TNI AD siapkan kendaraan khusus penyemprot disinfektan
Baca juga: TNI AD perketat penjagaan di perbatasan NTT-Timor Leste
Baca juga: Antisipasi virus corona, Rumah Sakit TNI AD disiagakan

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020