RSPAU Hardjolukito Yogyakarta terima donasi APD penanganan COVID-19

RSPAU Hardjolukito Yogyakarta terima donasi APD penanganan COVID-19

Penyerahan donasi APD dan telur bagi RSPAU Hardjolukito dalam mendukung penganan pasien COVID-19 (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Dr Hardjolukito yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menerima donasi dari masyarakat berupa puluhan alat pelindung diri untuk perawat maupun tenaga medis fasilitas kesehatan tersebut yang merawat pasien terindikasi corona virus disease 2019 atau COVID-19.

"Saya mewakili Gandung Pardiman Center menyerahkan bantuan APD (alat pelindung diri) yang mudah-mudahan ini dapat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas dokter dan para tim medis di RSPAU Hardjolukito Yogyakarta," kata perwakilan Gandung Pardiman Center (GPC) Yogyakarta Erwin Nizar di RSPAU Hardjolukito, Kamis.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah menjadi 24 orang

Menurut dia, ada sebanyak 30 unit APD yang diserahkan yayasan milik anggota DPR RI Gandung Pardiman tersebut, APD yang biasa dipakai perawat, dokter dan paramedis lain itu harapannya bisa melindungi diri dari bahaya wabah COVID-19 maupun virus lain.

Selain APD, GPC Yogyakarta juga menyerahkan donasi kepada RSPAU Hardjolukito berupa telur ayam seberat 150 kilogram, agar bermanfaat untuk penambahan gizi, lauk pauk bagi para pasien dan tenaga medis yang ada di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Bantul, DIY.

"Sebenarnya banyak rumah sakit di Yogyakarta yang membutuhkan APD, namun yang pertama kali dapat info adalah RSPAU Hardjolukito, jadi mudah-mudahan ke depan kita juga berkontribusi untuk rumah sakit-rumah sakit yang lain," katanya.

Baca juga: Yogyakarta usulkan perpanjangan masa belajar dari rumah

Dia juga mengatakan, telah membentuk Gugus Tugas dalam rangka mendukung upaya pemerintah dan masyarakat membasmi wabah COVID-19 yang kini kasusnya terus merebak di Yogyakarta.

"Gugus tugas yang dibentuk ini dalam rangka membasmi atau paling tidak menghambat penyebaran COVID-19, kita ingin komitmen Jogja sehat benar-benar terwujud, masyarakat terbebas dari COVID-19 maupun sakit yang lain, kami tidak ingin Jogja ada tambahan penderita lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas RSPAU Hardjolukito Yogyakarta Letkol Kes Agung Riyadi mengatakan sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19, tentu selalu membutuhkan terutama APD untuk melindungi tenaga medis yang berada di garda terdepan penanganan virus corona jenis baru itu.

"Atas nama RSPAU Hardjolukito kami menerima seluruh donasi dari masyarakat DIY untuk membantu teman-teman kita yang ada di garis depan yang langsung berhubungan dengan pasien. Semoga ini menjadi nilai ibadah dan wabah cepat berlalu," katanya.

Baca juga: RSPAU Hardjolukito siapkan gedung tiga lantai untuk pasien COVID-19
Baca juga: Cegah penularan Corona, sejumlah acara di Malioboro dibatalkan
Baca juga: Penularan COVID-19 di Yogyakarta terbagi dalam tiga kluster

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

3 strategi penanganan flu burung disarankan untuk tangani COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar