Jakarta (ANTARA) - Imbauan untuk tetap berada di rumah selama pandemi virus corona baru (COVID-19), membuat klub malam atau pentas musik elektronik bersama disc jockey (DJ) tidak memiliki penonton.

Namun pengelola klub malam tidak kehabisan akal, klub malam "Zouk" di Singapura menggelar pesta "cloud-clubbing", berupa pertunjukkan DJ melalui aplikasi yang bisa dinikmati penikmat dugem (dunia gemerlap).

DJ Nash D, pada awalnya merasa canggung dengan konsep clubbing online itu.

"Ketika bermain di lantai dansa dengan ruangan penuh manusia, Anda dapat merasakan energinya, dan kini saya mengurangi energi itu," kata DJ dengan nama asli Dhanish Nair, kepada AFP, Kamis.

Namun Nash mengaku dapat beradaptasi dengan cepat, berkat interaksi penonton yang meminta lagu bahkan memujinya lewat komentar online.

"Apa pun lagu yang mereka minta, benar-benar membantu saya ke arah tertentu," kata dia.

Clubbing online melalui aplikasi live-streaming Bigo Live itu memungkinkan penonton memberikan hadiah virtual kepada DJ, yang kemudian dapat ditukar dengan uang tunai.

Rata-rata klub malam bermitra dengan salah satu aplikasi streaming yang dapat menarik hingga 200.000 view dalam sekali pertunjukan, demikian AFP.


Baca juga: Rapat virtual pakai Zoom tidak aman, video tidak dienkripsi

Baca juga: Aplikasi-aplikasi ini permudah WFH

Baca juga: Tips WFH untuk para orang tua dengan balita

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020