Dinkes terus pantau pasien sembuh corona di Kepri

Dinkes terus pantau pasien sembuh corona di Kepri

Sosialisasi COVID-19 di Kota Batam Kepulauan Riau. ANTARA/Naim/am.

Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau terus akan memantau kesehatan pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana, Kamis, menyatakan meskipun sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19, namun pasien tidak langsung pulang ke rumah, melainkan hanya pindah dari ruang isolasi ke ruang perawatan biasa.

Baca juga: Lima pasien COVID-19 asal Magetan dinyatakan sembuh

"Tidak langsung ke luar rumah sakit, karena mereka berasal dari ruangan isolasi. Ruang isolasi pasti mengandung virus. Mereka saat ini dipindahkan ke ruang perawatan biasa dan terus dipantau, sampai betul-betul sembuh," kata dia.

Dua orang pasien, masing-masing dirawat di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Karimun dinyatakan sembuh dari COVID-19, setelah negatif dalam dua kali pemeriksaan berturut-turut.

Rencananya petugas akan kembali memeriksa swab pasien yang sembuh, demi menambah keyakinan bahwa keduanya sembuh, sebelum boleh pulang dari rumah sakit.

Dalam kesempatan itu, ia menyatakan Pemprov Kepri mendapatkan batuan 600 VTM, alat transpor media virus untuk mengambil sampel pasien.

"Ini mendukung perluasan pengambilan swab, sehingga kalau ada yang positif segera diketahui. Dan yang negatif memastikan agar keluarganya bisa tenang," kata dia.

Baca juga: Bupati Banyumas: Dua pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh
Baca juga: 112 pasien sembuh dan 1.790 orang positif COVID-19 di Indonesia
Baca juga: Dua pasien COVID-19 di Lampung dinyatakan sembuh

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

RSKI Pulau Galang siap tampung pasien dari daerah lain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar