Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak yang melakukan penembakan terhadap karyawan PT Freeport di Kuala Kencana dan mengakibatkan satu karyawan berkebangsaan Selandia Baru tewas.
 
Waterpauw dsaat dihubungi, Kamis, mengatakan kelompok bersenjata api tersebut diduga masih bersembunyi di sekitar kali kopi. 

Saat melakukan penembakan di kawasan perkantoran milik PT Freeport di Kuala Kencana, Senin (30/3), KKB pimpinan Joni Botak tersebut dilaporkan membawa tiga pucuk senjata laras panjang.

Baca juga: Jubir Freeport: Pengamanan Kuala Kencana ditingkatkan
Baca juga: Kapolda Papua akui tidak ada pos keamanan di sekitar TKP penembakan
Baca juga: Kapolda Papua: anggota KKB Kali Kopi membaur di Kota Timika
Baca juga: KKB tembaki pekerja Freeport, satu korban meninggal

 
Ada saksi yang melihat saat melakukan penembakan KKB membawa tiga pucuk senjata api, jelas Irjen Pol Waterpauw yang mengaku saat ini masih berada di Timika.
 
Aksi penembakan yang dilakukan KKB pimpinan Joni Botak menyebabkan satu karyawan berkebangsaan Selandia Baru meninggal akibat luka tembak yakni Graeme Thomas Wall. Selain itu dua karyawan lainnya dilaporkan mengalami luka tembak dan masih dirawat di RS Tembagapura yaitu Jibril MA Bahar dan Ucok Simanungkalit .
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020