Jakarta (ANTARA) - Xiaomi meluncurkan perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) yakni televisi pintar Mi TV 4 dalam dua ukuran layar dan perangkat pembersih udara Mi Air Purifier 2H.

"Kami menambah line-up smart TV agar semakin banyak orang dapat menggunakan perangkat TV cerdas, lebih banyak keluarga yang menikmati smart TV dan pekerja kantoran menggunakan Mi TV untuk meeting," ujar Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam peluncuran dan temu media yang dilakukan secara daring, Kamis.

Xioami meluncurkan Mi TV 4 ukuran paling besar yang pernah ada di Indonesia yaitu 55 inci. Perangkat tersebut memiliki kualitas gambar 4K UHD yang menampilkan 1,07 miliar warna. Seri lanjutan dari Mi TV 4A ini juga dilengkapi dengan pengaturan 2 speaker 10W dengan sistem refleksi yang mendukung kualitas suara DTS-HD dan Dolby.

Hadir dengan warna hitam dan penutup belakang logam, Mi TV 4 55 inci menawarkan desain minimalis layar besar, dengan ukuran bezel (frame luar) yang begitu tipis, yaitu 11 mm.

Menariknya, Mi TV 4 inci memiliki dua antarmuka PatchWall 3.0 milik Xiaomi yang dirancang khusus untuk Indonesia dan Android TV. PatchWall 3.0 menyatukan beragam mitra penyedia konten antara lain Netflix, Hooq, Vidio, CATCHPLAY+ dan IFlix, yang disebut menghasilkan lebih dari 700.000 jam tayangan untuk hiburan.

Pencarian universal PatchWall membuatnya mudah untuk menemukan konten, bersama dengan rekomendasi yang dipersonalisasi dan kategorisasi cerdas.

Sementara dengan dukungan Android TV, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menonton video dari YouTube serta memanfaatkan keseluruhan fitur seperti Chromecast yang ada di dalamnya dan Google Voice Search.

Mi TV 4 55 inci juga dilengkapi dengan Smart Control Mi Remote dengan 14 tombol, yang dapat digunakan pula untuk semua perangkat HDMI yang mendukung CEC (Consumers Electronic Controls), dan dilengkapi dengan pengtrol suara, Voice Control.

Perangkat TV pintar tersebut juga dibekali 3 port HDMI (termasuk 1 port ARC), 2 port USB (2.0) dan port Ethernet, juga opsi nirkabel termasuk Wi-Fi, Bluetooth 4.2 untuk menghubungkan speaker nirkabel, headphone, atau perangkat lain seperti pengontrol game, mouse, dan keyboard.

Dari segi dapur pacu, Mi TV 4 55 inci mengusung High Speed Amlogic Quad Core 64 bit Processor dan ruang penyimpanan 8GB eMMC dengan 2GB RAM DDR.

Selain hadir dalam ukuran 55 inci, Mi TV 4 juga hadir dengan pilihan layar 43 inci lengkap dengan keunggulan yang ada pada Mi TV 4 55 inci, dengan perbedaan pada pengaturan speaker ganda 8W dengan sistem refleksi yang mendukung kualitas suara DTS-HD dan kapasitas 1GB RAM untuk ruang penyimpanan 8GB eMMC.

Mi TV 4 55 inci dibanderol dengan harga Rp4,799 juta, dan dapat dipesan mulai 9-11 April di Lazada dan Mi.com. Sementara, Mi TV 4 43 inci versi terbaru ditawarkan dengan harga Rp3,299 juta, dan penjualan pertama mulai 14 April 2020 di Shopee, Mi.com dan Mi Store.

Mi Air Purifier 2H
Untuk mendukung kebutuhan akan kualitas udara yang lebih baik, Xiaomi menghadirkan Mi Air Purifier 2H. Perangkat ini merupakan pembersih udara yang cerdas untuk menyaring udara kotor di dalam ruangan dan menciptakan kualitas udara yang baik.
Xiaomi Mi Air Purifier 2H (HO/Xiaomi Indonesia)


Tingginya kadar polusi di kota besar, seperti Jakarta, yang sempat menjadi kota dengan polusi udara terburuk di Asia Tenggara menurut data 2019 World Air Quality yang diterbitkan IQAir AirVisual, menurut Alvin, menjadi alasan Xiaomi menghadirkan perangkat tersebut.

Mi Air Purifier 2H memiliki desain minimalis dan elegan dilengkapi True HEPA filter yang diklaim dapat mengeliminasi 99.97 persen partikel halus berukuran 0,3 mikron, termasuk PM2.5, asap, debu rumah tangga, bulu hewan peliharaan, jamur, serbuk dan partikel berbahaya lainnya.

Mi Air Purifier 2H memiliki peningkatan CADR (Clean Air Delivery Rate) lebih dari 260 m3 udara bersih per jam, untuk ruangan dengan luas hingga 31 m2. Perangkat ini juga memiliki fitur night mode yang menghasilkan suara sangat pelan sehingga tidak mengganggu kenyamanan tidur.

Mode otomatis pada Mi Air Purifier 2H berfungsi secara cerdas, yaitu mampu menyesuaikan kecepatan kipas secara otomatis berdasarkan kualitas udara secara real time, dengan dilengkapi sensor suhu dan kelembapan.

Para pengguna juga akan mendapatkan kemudahan dan kenyaman pengaturan jarak jauh dengan menggunakan smart assistance yang terkoneksi dengan Mi Air Purifier 2H melalui aplikasi Mi Home yang juga mendukung asisten digital Google Assistant dan Alexa.

Mi Air Purifier 2H dibanderol dengan harga Rp1,799 juta, yang akan mulai dijual di JD.id, Mi.com dan Mi Store pada 8 April.



Baca juga: Xiaomi resmi rilis Redmi 8A Pro dengan baterai 5.000mAh

Baca juga: Apple, Xiaomi, Oppo naikkan harga ponsel pintar di India

Baca juga: Xiaomi Indonesia bantu tenaga kesehatan hadapi COVID-19

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020