Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memperpanjang tenggat waktu perpanjangan tuan rumah Piala Asia 2027 lantaran pandemi global virus corona menimbulkan banyak permasalahan administrasi sepak bola.

Lewat laman resminya, AFC mengumumkan 30 Juni 2020 sebagai tenggat waktu pendaftaran, bertambah panjang dari yang sebelumnya dijadwalkan ditutup 31 Maret kemarin.

Baca juga: FIFA dan AFC sepakat tunda kualifikasi Piala Dunia zona Asia

"Keputusan itu diambil sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang terjadi di negara-negara anggota AFC. Dengan begitu, mereka mempunyai lebih banyak waktu untuk menyelesaikan masalah internalnya masing-masing sekaligus memenuhi segala persyaratan," demikian pernyataan di laman resmi AFC, Kamis.

China akan menjadi tuan rumah Piala Asia selanjutnya pada 2023. Sedangkan Arab Saudi sejauh ini merupakan satu-satunya negara yang berminat menjadi tuan rumah Piala Asia 2027 mengingat prestasinya dalam menyelenggarakan sejumlah ajang olah raga berskala besar.

Sementara itu, kualifikasi Piala Asia 2023 saat ini ditunda pelaksanaannya karena masing-masing negara tengah berjuang melawan penyebaran virus corona.

Tahun 2019 lalu, Piala Asia digelar di Qatar, yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, dan edisi tersebut menandai bertambahnya jumlah peserta dari 16 menjadi 24 negara.

Baca juga: Tiga laga timnas Indonesia ditunda antisipasi virus corona
Baca juga: Piala AFC ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020