Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih tim nasional Indonesia Nova Arianto mengatakan, pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air menyulitkan para pelatih untuk menyusun program timnas U-19 dan senior.

"Situasi ini sedikit membingungkan staf pelatih. Jadi untuk sementara programnya masih ditangguhkan dahulu sambil melihat perkembangan ke depan," ujar Nova kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Baca juga: PSSI pangkas gaji pelatih timnas di tengah pandemi COVID-19

Menurut pria berusia 41 tahun tersebut, penyusunan program harus berdasarkan arahan dari manajer pelatih timnas Shin Tae-Yong.

Oleh karena itu, selama program belum tersusun, para pemain yang pernah dipanggil timnas U-19 dan senior diminta untuk berlatih di tempat tinggal masing-masing.

Mereka diharapkan dalam kondisi siap dan bugar ketika dipanggil ke skuat Garuda.

"Semoga para pemain bisa menjalankan latihan di rumah dengan baik," tutur Nova.

Baca juga: PSSI terima keputusan AFC terkait virus corona atas dasar kemanusiaan
Baca juga: Tiga laga timnas Indonesia ditunda antisipasi virus corona


Selain itu, dia melanjutkan, pelatih Shin Tae-Yong juga sudah mewanti-wanti pemain untuk menjaga asupan makanan selama berada di kediaman.

"Yang pasti, goreng-gorengan wajib dihindari," kata Nova.

Tim nasional U-19 Indonesia sejatinya menjalani pemusatan latihan pada pertengahan Maret 2020, tetap dibatalkan karena pandemi COVID-19.

PSSI memproyeksikan tim nasional U-19 untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang berlangsung di Indonesia. Namun sebelumnya, skuat tersebut rencananya tampil di Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19 tahun 2020.

Baca juga: PSSI ikuti pemerintah soal aktivitas timnas kala wabah virus corona
Baca juga: Bhayangkara FC ikuti keputusan PSSI soal skema gaji 25 persen


Sementara timnas senior sedianya menjalani pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret dan Juni 2020, tetapi ditunda juga karena COVID-19.

Jika kondisi membaik, pertandingan itu bergulir pada bulan Oktober, di mana Indonesia menghadapi Thailand di laga tandang pada 8 Oktober 2020, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan melawat ke Vietnam untuk melawan tuan rumah pada 12 November 2020.

Baca juga: Timnas U-16 latihan daring saat pandemi COVID-19
Baca juga: PSSI akan hentikan liga 1-2 apabila status darurat corona diperpanjang


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020