Jakarta (ANTARA) - Selama jalani isolasi diri, banyak orang menghindari bepergian ke luar rumah, bahkan untuk berbelanja bahan makanan.

Tidak jarang sebagian dari Anda berbelanja banyak bahan makanan untuk menghindari ke luar rumah lagi. Lantas bagaimana cara menyimpan makanan agar tahan lama?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyimpan sayur dan bahan makanan lain agar tahan lama, seperti dilansir dari laman IndianExpress:

1. Rebus sebelum simpan di lemari pembeku
Dalam menyimpan sayuran seperti brokoli dan kacang-kacangan, rebuslah selama 30 detik sebelum anda simpan di lemari pembeku.

2. Potong sebelum simpan di lemari pembeku
Untuk beberapa sayuran seperti wortel, potonglah dahulu sebelum disimpan di kulkas. Hal ini untuk memperlambat pembusukan wortel akibat kandungan air dalam wortel.

3. Bungkus dengan tisu
Bungkuslah sayuran anda terutama sayuran berdaun dengan tisu sebelum disimpan di dalam kulkas. Kemudian simpan sayuran tersebut di tempat makan atau plastik yang kedap udara.

4. Buat bahan makanan menjadi acar
Acar memiliki daya tahan lebih lama dibanding sayuran mentah. Anda dapat merendam sayuran di dalam cairan cuka dan minyak sayur. Anda juga bisa menambahkan bawang putih dan cengkeh. Makanan yang bisa dijadikan acar antara lain daging, timun, tomat, jahe dan jamur.

5. Buat jus
Untuk menyimpan buah dan sayuran supaya lebih awet, Anda bisa membuatnya menjadi jus, kemudian masukan jus ke dalam botol minum tertutup dan simpan di kulkas.

6. Simpan produk susu di kulkas bagian dalam
Sering kali kita menyimpan produk susu seperti keju, mayonais, yogurt dan susu di pintu kulkas, namun sebaiknya kita simpan di bagian dalam kulkas.

Hal ini disebabkan karena bagian dalam kulkas memiliki suhu lebih dingin, dan lebih jarang terekspos udara hangat seperti bagian pintu. Hal ini bisa mengurangi pertumbuhan bakteria pada produk tersebut.

7. Jangan simpan bahan makanan ini di kulkas
Beberapa makanan akan lebih tahan lama bila disimpan di luar, daripada di dalam kulkas seperti; kentang, bawang putih dan bawang bombai.

Namun simpan bahan makanan jauh dari cahaya matahari langsung dan tempat lembab. Menyimpannya dalam suhu ruangan justru dapat menjaga kesegaran bahan makanan ini.


Baca juga: Alasan virus corona tak bisa bertahan di makanan

Baca juga: Salon tutup saat wabah corona, ini tips untuk potong rambut sendiri

Baca juga: Amankah membersihkan dashboard mobil dengan alkohol?

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri & Dara Tanjung Maharani
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020