Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin yang mendaftar sebagai relawan COVID-19 disetarakan dengan mengikuti kuliah kepaniteraan klinik pada Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat (IKGM).

Dekan FKG Unhas drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM (K) di Makassar, Jumat, mengatakan kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari seruan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi terkait mobilisasi relawan mahasiswa untuk penanganan COVID-19 dan terkait pembelajaran selama masa darurat.

Selain itu juga ada imbauan dari Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) agar penyelenggara program pendidikan kedokteran gigi dapat menggerakkan mahasiswa secara sukarela dan gotong-royong sebagai relawan kemanusiaan guna mendukung pencegahan meluasnya COVID-19 di Indonesia.

“Jadi kami merespon kebijakan pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan juga kebijakan pimpinan Unhas. Ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap mahasiswa yang terlibat sebagai relawan,” kata Ruslin.

Baca juga: Unhas beri subsidi pulsa untuk dukung kuliah daring

Ketua Departemen IKGM Prof Dr drg Burhanuddin Dg Pasiga telah menyusun konsep konversi sehingga kegiatan mahasiswa sebagai relawan dapat dinilai sebagai proses pembelajaran pada mata kuliah Kepaniteraan Klinik.

Sekretaris Departemen IKGM FKG Unhas drg Nur Syamsi menjelaskan bahwa kegiatan relawan penanganan Covid-19 memiliki keterkaitan yang erat dengan mata kuliah kepaniteraan klinik.

Hal ini sesuai dengan domain yang diharapkan dalam kompetensi dokter gigi, yakni mampu menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat menuju kesehatan gigi dan mulut yang prima.

Pada mata kuliah ini terdapat kompetensi terkait kemampuan menilai kesehatan gigi dan mulut masyarakat dengan menggunakan data hasil survei, data epidemiologis dan "evidence base".

"Selain itu, mengidentifikasi faktor risiko yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut masyarakat serta merencanakan program kesehatan gigi dan mulut masyarakat,” kata Nur Syamsi.

Dengan identifikasi tersebut, mahasiswa diharapkan dapat melakukan upaya promotif dan preventif dengan jalan mengkomunikasikan dan menerapkan program kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

Baca juga: Prof Idrus umumkan diri positif COVID-19
Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA rapat koordinasi melalui video conferensi terkait COVID-19.ANTARA/HO/Humas Unhas
Selanjutnya menganalisis program kesehatan gigi dan mulut masyarakat pada masa pandemi COVID-19 dengan cara memanfaatkan teknologi dan informasi untuk kepentingan pelayanan.

Dalam melaksanakan kegiatan sebagai relawan, mahasiswa akan lebih banyak berperan pada bidang komunikasi, informasi dan edukasi (KIE).

Dengan demikian, pemanfaatan teknologi telekomunikasi dan informasi menjadi hal yang vital. Meskipun demikian, faktor resiko tetap saja ada, dimana sewaktu-waktu mahasiswa dapat berinteraksi dengan pasien.

Untuk itu, salah satu syarat yang dibutuhkan bagi mahasiswa untuk dapat menjadi relawan COVID-19 FKG Unhas adalah memperoleh izin orang tua atau wali. Saat ini terdapat 55 mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dan terlibat sejak pekan lalu dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus ini.

Baca juga: Unhas ajak doakan Prof Idrus karena positif COVID-19
Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Palubuhu MA pada acara penyerahan alat disinfektan produksi IKA Teknik Unhas di Makassar, Kamis,(26/3/2020). ANTARA/HO/Humas Unhas
Dekan FKG Unhas selanjutnya mengatakan kebijakan mengkonversi kegiatan mahasiswa relawan COVID-19 ini telah memperoleh persetujuan Senat Akademik FKG Unhas. Dengan demikian, Departemen IKGM FKG Unhas memiliki landasan hukum yang kuat untuk terlibat sebagai relawan tanpa mengganggu proses pembelajaran.

Dia berharap kegiatan mahasiswa kami sebagai relawan COVID-19 dapat memberi kontribusi bagi upaya bersama menghentikan sebaran virus.

"Kami mengharapkan dukungan berbagai pihak, terutama dari orang tua dan lingkungan sekitarnya. Semoga wabah ini dapat kita atasi dalam waktu secepatnya,” ujar Ruslin.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020