Untuk anak/cucu perusahaan yang terkait bisnis inti, salah satunya distribusi akan tetap ada dan malah kita akan perkuat
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) akan memperkuat anak dan cucu perusahaan yang terkait bisnis inti, salah satunya yang fokus di sektor distribusi energi.

"Prinsip dasar kita melakukan rasionalisasi salah satunya adalah kita harus fokus kepada bisnis inti. Jadi kalau tadi disampaikan terkait distribusi energi ke seluruh negeri itu adalah salah satu bisnis intinya Pertamina," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pertamina tambah impor minyak mentah, antisipasi dampak Corona

Nicke mengatakan bahwa Pertamina akan memperkuat hal tersebut, sehingga tidak ada rencana untuk melakukan rasionalisasi terhadap anak dan cucu perusahaan yang bergerak di bisnis inti.

"Anak dan cucu perusahaan yang non-bisnis inti inilah yang dijadikan tujuan rasionalisasi. Untuk anak/cucu perusahaan yang terkait bisnis inti, salah satunya distribusi akan tetap ada dan malah kita akan perkuat," katanya.

Baca juga: Pertamina rasionalisasi 25 anak/cucu perusahaan, dilakukan dua tahap

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) melakukan rasionalisasi terhadap 25 anak/cucu perusahaan yang dilakukan dalam dua tahap dengan tahap pertama terdapat tujuh perusahaan yang dilikuidasi dan satu perusahaan didivestasi.

Untuk perusahaan-perusahaan yang dilikuidasi tidak ada lay-off, beberapa personel adalah penugasan dari Pertamina sehingga Pertamina bisa menarik kembali mereka, sedangkan untuk perusahaan yang divestasi, Pertamina pastikan seluruh karyawannya juga tetap direkrut oleh perusahaan yang baru.

Baca juga: Erick: Rasionalisasi anak BUMN beri nilai tambah bagi perusahaan induk

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020