Mohon kepada para kontak erat pada kasus yang positif COVID-19 bisa menggunakan kesempatan ini untuk berpartisipasi dan melaporkan diri
Tarakan (ANTARA) - Gugus Tugas COVID-19 Kalimantan Utara membuka posko pemeriksaan COVID-19 di Tanjung Selor Bulungan dan sekitarnya untuk warga yang telah kontak erat dengan mereka yang terkonfirmasi terjangkit virus corona baru itu selama 14 hari sebelumnya.

“Selain itu, untuk mereka yang memiliki risiko perjalanan ke wilayah transmisi lokal atau wilayah zona merah dipersilakan masyarakat datang ke posko yang kami siapkan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy dalam siaran pers di Tarakan, Jumat.

Posko mulai dibuka pada Sabtu (4/4) di Kantor BPSDM Kabupaten Bulungan di Jalan Agathis. Selanjutnya, di posko tersebut akan dilakukan penyaringan dan tindakan yang lain oleh tenaga kesehatan.

“Posko dibuka mulai pukul 09.00 -13.00 Wita pada tiga hari pertama di Gedung BPSDM. Mohon kepada para kontak erat pada kasus yang positif COVID-19 bisa menggunakan kesempatan ini untuk berpartisipasi dan melaporkan diri,” kata dia.

Dia menghimbau masyarakat menerapkan perilaku pola hidup bersih dan sehat, terutama mencuci tangan dengan sabun, mandi secara rutin, serta mengonsumsi makanan yang bergizi dan suplemen sesuai kebutuhan.

Baca juga: Pemerintah Jawa Barat mulai tes COVID-19 massal pada tenaga kesehatan

Selain itu, katanya, warga juga harus tetap menghindari berkumpul dengan orang dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah.

Bagi yang dianjurkan untuk menjalani isolasi, kata dia, hal tersebut dihargai bila dilakukan.

Saat ini, jumlah pasien positif COVID-19 di Kaltara tercatat delapan orang. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 304 orang, di mana di Tarakan 92 orang, Malinau 65 orang, Nunukan 76 orang, Tana Tidung 45 orang, dan Bulungan 26 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 10 orang di mana dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan lima orang, RSUD Bulungan satu orang, dan RSUD Nunukan empat orang, sedangkan hasil pemeriksaan terhadap pasien yang dinyatakan negatif 12 orang.

Baca juga: Bima Arya jalani pemeriksaan kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta
Baca juga: Pemkab Pekalongan siagakan 3 pos pemeriksaan pemudik


Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020