Keselamatan semua pihak menjadi prioritas utama saat ini
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan sementara waktu pengerjaan penataan kawasan stasiun di empat titik yaitu Stasiun Juanda, Stasiun Senen, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Keselamatan semua pihak menjadi prioritas utama saat ini. Untuk itu proyek penataan kawasan stasiun yang sebelumnya ditargetkan selesai pada akhir Maret 2020, terpaksa dihentikan sementara," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, kebijakan itu dilakukan dengan mempertimbangkan tidak kondusifnya situasi Jakarta saat ini terkait penyebaran wabah COVID-19.

"Hal ini secara otomatis berpengaruh pada segala kegiatan aktivitas warga Jakarta, termasuk proyek penataan kawasan stasiun ini," katanya.

Baca juga: Penataan empat stasiun MRT-KAI ditargetkan rampung Maret 2020

Penghentian sementara proyek penataan stasiun itu sudah dilakukan sejak minggu lalu tepatnya Kamis (23/3) dan sejalan dengan Seruan Gubernur nomor 6 tahun 2020 mengenai kebijakan kerja dari rumah.

Meski dihentikan sementara waktu, Syafrin mengatakan pihaknya memastikan bahwa kawasan penataan akan dirapikan sehingga tidak mengganggu ataupun membahayakan bagi pejalan kaki yang melintasi area itu.

"Dalam pelaksanaan perapian pekerjaan ini, dilakukan prosedur pertimbangan keamanan dan penjagaan kualitas dengan tetap memperhatikan protokol keselamatan konstruksi untuk pencegahan COVID-19," ujar Syafrin.

Namun, ia belum memastikan kelanjutan pengerjaan kembali empat proyek tersebut.

Baca juga: Penataan Stasiun Juanda untuk integrasi transportasi masuki uji coba

"Kelanjutan kegiatan penataan kawasan stasiun akan diinfokan lebih lanjut menunggu keadaan kembali kondusif pascapandemi COVID-19," ujar Syafrin.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mewujudkan integrasi layanan transportasi dimulai dari penataan empat kawasan stasiun yaitu Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Senen.


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020