Banjir sangat cepat naik sejak pagi tadi dan hingga siang ini terus naik
Muara Teweh (ANTARA) - Sejumlah desa di Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diterjang banjir bandang akibat meluapnya Sungai Teweh yang merupakan anak Sungai Barito.

"Banjir sangat cepat naik sejak pagi tadi dan hingga siang ini terus naik," kata Camat Teweh Timur Sudiyono ketika di hubungi melalui telepon dari Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, saat ini banjir merendam sejumlah jalan desa dengan ketinggian bervariasi antara 20 centimeter sampai 1,5 meter. Desa yang terendam banjir diantaranya Desa Benangin 1, Benangin 2, Benangin 3 dan Benangin 5.

"Sejumlah rumah warga sudah ada yang terendam banjir terutama yang berada di dataran rendah," katanya.

Ia mengatakan, pagi tadi kawasan Desa Benangin dilanda hujan dan potensi hujan akan turun kembali, melihat awan masih mendung. "Banjir ini juga memutus akses jalan darat dari Kecamatan Teweh Timur menuju Kecamatan Gunung Purei karena jembatan Sungai Benangin terendam banjir." kata Sudiyono.

Banjir bandang ini juga diperkirakan merendam desa-desa lainnya di kecamatan yang berbatasan dengan Kalimantan Timur ini terutama di desa yang berada di bantaran sungai yang biasa menjadi langganan banjir bandang diantaranya Sampirang 1, Sampirang 2 dan Desa Wakat.

"Kita harapkan banjir segera surut sampai malam nanti ," ujarnya.

Baca juga: Kecamatan Teweh Timur kembali dilanda banjir

Baca juga: Banjir rendam ratusan rumah di Barito Utara-Kalteng

Pewarta: Kasriadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020