ACT Sumsel salurkan bantuan pangan masyarakat terdampak COVID-19

ACT Sumsel salurkan bantuan pangan masyarakat terdampak COVID-19

ACT Sumsel menyalurkan bantuan pangan gratis ke salah satu panti asuhan di Kota Palembang, Sabtu (4/4). ANTARA/Aziz Munajar

... bantuan tersebut bagian dari Program Operasi Makan Gratis untuk meredam dampak sosial ekonomi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah.
Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap menyalurkan bantuan pangan gratis kepada masyarakat prasejahtera yang terdampak pembatasan sosial selama pandemi COVID-19.

Humas ACT Sumsel, Hening di Palembang, Sabtu mengatakan bantuan tersebut bagian dari Program Operasi Makan Gratis untuk meredam dampak sosial ekonomi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah.

"Melalui operasi makan gratis ini kami berharap semua masyarakat Sumsel semakin tergerak membantu masyarakat lain yang membutuhkan, sebab inilah bentuk kepedulian sebagai manusia dengan saling berbagi," ujar Hening.

Makanan gratis tersebut diberikan kepada 30 orang ojek daring dan 70 orang anak-anak panti asuhan di Kota Palembang.
Baca juga: Bantuan pangan disalurkan ACT Jatim untuk tenaga medis RSUD dr Soetomo
Baca juga: ACT Sulsel salurkan APD ke sejumlah puskesmas di Makassar


Menurut dia Imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah, tidak berkumpul dan tidak bepergian demi mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia membuat pedangan kaki lima, ojek, pedagang makanan, hingga pengemudi angkutan umum sepi pemasukan karena berkurangnya daya beli.

Sehingga ACT Sumsel berinisiatif menggandeng warung makan untuk turut serta menyediakan makanan bagi penerima manfaat sekaligus membantu pedagang itu sendiri.

Salah satunya warung makan 'Bu Rojah', yang mengaku bahwa selama COVID-19 warungnya menjadi sepi dan kesulitan mengembalikan modalnya.

“Biasanya kami bisa dapat Rp800.000 perhari dari dagangan, sementara saat ini keluar modal untuk beli bahan Rp700.000 tapi dapatnya Rp300.000," kata Rojah.

ACT Sumsel menargetkan bantuan pangan gratis tersebut diberikan kepada 1.000 orang selama pandemi COVID-19, selain itu program Operasi Sembako Gratis juga akan segera dirilis ACT di kota Palembang dan masyarakat dapat berpartisipasi dengan donasi melalui link bit.ly/SumselLawanCorona.
Baca juga: ACT Lampung salurkan APD ke tiga rumah sakit di Lampung
Baca juga: ACT dan TNI salurkan 1.000 ton beras dalam operasi pangan gratis

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penjagaan di pintu masuk Kabupaten Barito Kuala diperketat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar