Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah menjadi enam orang

Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah menjadi enam orang

Ilustrasi - Petugas beraktivitas di Laboratorium Virologi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

hari ini telah diperoleh laporan hasil uji dari BBTKLPP sehingga bisa dinyatakan sembuh terhadap tiga kasus positif COVID-19 di DIY
Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta bertambah tiga orang sehingga total pasien sembuh dari infeksi virus tersebut menjadi enam orang hingga Sabtu (4/4).

"Kabar gembira pada hari ini telah diperoleh laporan hasil uji dari BBTKLPP sehingga bisa dinyatakan sembuh terhadap tiga kasus positif COVID-19 di DIY," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Sabtu.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah menjadi tiga orang

Menurut Berty, tiga pasien yang dinyatakan sembuh pada Sabtu ini terdiri atas satu pasien laki-laki asal Bantul dengan usia 50 tahun, satu pasien laki-laki berusia 4 bulan asal Kulon Progo, dan satu pasien laki-laki asal Gunung Kidul berusia 55 tahun.

Ketiga pasien itu, kata dia, dinyatakan sembuh setelah dua kali uji di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit ( BBTKLPP) Yogyakarta diperoleh hasil negatif.

Baca juga: Polda DIY bubarkan 1.428 kerumunan cegah penularan COVID-19

Tiga pasien di DIY yang lebih dahulu dinyatakan sembuh yakni pasien balita berusia 3 tahun yang sembuh pada 20 Maret 2020, pasien perempuan berusia 30 tahun yang sembuh pada 30 Maret 2020, serta pasien laki-laki berusia 60 tahun yang sembuh pada 2 April 2020.

Berty juga menyebutkan ada penambahan tiga pasien positif COVID-19 di DIY. Ketiganya terdiri atas satu pasien laki-laki berusia 33 tahun asal Bantul, pasien laki-laki berusia 30 tahun asal Bantul, serta pasien laki-laki berusia 60 tahun asal Sleman.

Baca juga: Pemda DIY siapkan lahan pemakaman khusus pasien COVID-19

Ia menyebutkan total orang dalam pemantauan (ODP) di DIY hingga Jumat mencapai 2.629 orang.

Selanjutnya, total pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa terkait dengan COVID-19 (dengan swab) tercatat 330 orang.

Dari jumlah PDP tersebut, 100 orang dinyatakan negatif corona dengan dua di antaranya meninggal , 34 orang positif di mana 6 orang di antaranya sembuh dan tiga meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil 195 orang, 8 di antaranya telah meninggal.

Baca juga: DIY salurkan 1.500 APD ke rumah sakit nonrujukan

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Doni Monardo sebut COVID-19 masih terkendali namun tetap waspada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar