Jakarta (ANTARA) - Legenda Barcelona Xavi dan istrinya Nuria Cunillera menyumbangkan satu juta euro (sekira Rp17,7 miliar) untuk penanganan pandemi COVID-19 di Barcelona.

Donasi itu disampaikan melalui fasilitas kesehatan Hospital Clinico de Barcelona, yang sebelumnya sempat menginisiasi kampanye penggalangan dana, demikian dilansir laman Football Espana, Sabtu.

Baca juga: Sempat menolak, Xavi kini sudah siap latih Barcelona
Baca juga: Guardiola sumbang Rp17 miliar untuk perangi COVID-19 di Spanyol


Xavi dan Nuria juga mengajak khalayak umum agar menyisihkan sebagian rejeki mereka untuk disumbangkan dalam perjuangan melawan COVID-19.

"Dengan donasi ini, klinik akan menerima perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan pasien dan tenaga medis," kata Xavi dan istrinya dalam video yang diunggah akun Twitter Hospital Clinico de Barcelona, @hospitalclinic.

"Bersama-sama kita bisa melewati ini semua," ujar mereka menambahkan.
 
Xavi menjadi sosok yang punya ikatan dengan Barcelona berikutnya yang menyampaikan donasi untuk perang melawan COVID-19 di sana.

Baca juga: Ronaldo dan Messi sumbang sekitar Rp17 miliar untuk lawan virus corona
Baca juga: Lionel Messi dan skuat Barcelona sepakat potong gaji 70 persen


Sebelumnya, Pep Guardiola juga telah menyumbang otoritas kesehatan Catalunya, diikuti Lionel Messi, Rafinha dan Thiago Alcantara.

Spanyol hingga saat ini menjadi salah satu negara yang paling parah terdampak serangan pandemi COVID-19. Data WHO hingga 4 April mencatat 117.710 orang positif terjangkit COVID-19 di Spanyol dan 10.935 di antaranya meninggal.

Baca juga: Liga Spanyol desak klub untuk potong gaji pemain
Baca juga: Ancelotti berambisi boyong Bale dan James ke Everton
Baca juga: Liverpool rumahkan karyawan, tapi tetap jamin bayaran

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020