Kemarin, 50 ribu alat tes COVID-19 hingga pinjaman lunak kepada IKM

Kemarin, 50 ribu alat tes COVID-19 hingga pinjaman lunak kepada IKM

Sebanyak 50 ribu PCR Diagnostic Test Kit bantuan dari LG yang akan dikirimkan ke Indonesia. (ANTARA/HO BKPM)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa dan berita ekonomi direkam dan disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Sabtu (4/4), mulai 50.000 alat tes COVID-19 donasi perusahaan Korea Selatan tiba pada Minggu ini, hingga usulan pinjaman lunak kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Berikut rangkuman informasi ekonomi yang disiarkan Antara pada Sabtu (2/4) yang masih layak dibaca untuk mengisi akhir pekan ini :

1. Minggu, 50.000 alat tes COVID-19 donasi perusahaan Korsel tiba

Sebanyak 50.000 buah PCR (polymerase chain reaction) diagnostic test kit bantuan dari perusahaan LG siap diterbangkan dari Korea Selatan dan tiba di Indonesia, Minggu (5/4).

Bantuan tersebut merupakan donasi dari empat perusahaan di bawah naungan LG yaitu LG Electronics, LG Chem, LG Innotek, dan LG International Indonesia dan disampaikan melalui surat resmi kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Baca selengkapnya di sini


2. Ini kenangan Erick Thohir kepada Wakil Jaksa Agung Arminsyah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengenang sosok Wakil Jaksa Agung Arminsyah sebagai orang yang baik.

"Saya mengenal baik almarhum, ketika almarhum menjadi Chief de Mission Kontingen Indonesia di Para Games 2018 lalu. Waktu itu, saya sebagai Ketua INASGOC, Pak Syafrudin sebagai CDM Kontingen Indonesia di Asian Games 2018, Pak Raja Sapta Okto sebagai Ketua INAPGOC dan almarhum, sering bertukar fikiran dan berdiskusi demi keberhasilan kontingen Indonesia di Asian Games dan Para Games tahun 2018," kata Erick dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


3. Pemerintah buka jalur pengaduan pengusaha parekraf terdampak COVID-19

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka jalur pengaduan bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang usahanya terdampak wabah COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam pernyataannya di Jakarta, Sabtu, meminta asosiasi atau pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terus melakukan upaya pencegahan penyebaran dan penanganan dampak COVID-19 di masa tanggap darurat ini.

Baca selengkapnya di sini


4. Pelni sesuaikan operasional kapal akibat penutupan sejumlah pelabuhan

PT Pelayaran Indonesia (Pelni Persero) terpaksa melakukan penyesuaian strategi pola operasional beberapa kapalnya, menyusul kebijakan sejumlah pemerintah daerah yang menutup pelabuhan di wilayahnya, demi mengantisipasi penularan COVID-19.

"Hingga kini, kapal kami diperbolehkan untuk sandar hanya untuk kebutuhan bongkar muat barang (sembako dan kargo) tetapi tidak untuk aktifitas naik turun penumpang. Demi keamanan bersama, Pelni mematuhi kebijakan yang berlaku," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Batam, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


5. Kemenperin usulkan bantuan pinjaman lunak bagi IKM terdampak COVID-19

Kemenperin mengusulkan adanya pemberian pinjaman lunak kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar mereka bisa membayar gaji pekerja yang dirumahkan akibat wabah COVID-19.

"Bunga yang ada di pinjaman lunak ini akan lebih rendah dari bunga KUR," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih pada keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

COVID-19 terkini: 7 provinsi nihil, 5 provinsi melonjak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar