Saat ini fokus pada perdagangan dalam negeri. khususnya dalam perdagangan pangan, kebutuhan pokok dan barang2 kebutuhan sehari-hari
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR Mukhtarudin meminta agar Kementerian Perdagangan memfokuskan perdagangan dalam negeri sehingga mampu meningkatkan peran dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diyakini akan berkontribusi pada perekonomian dalam kondisi saat ini.

“Saat ini fokus pada perdagangan dalam negeri. khususnya dalam perdagangan pangan, kebutuhan pokok dan barang2 kebutuhan sehari-hari,” kata Mukhtarudin lewat keterangannya diterima di Jakarta, Minggu.

Politisi Partai Golongan Karya ini menyampaikan, upaya tersebut perlu disenergikan dengan kementerian terkait, misalnya dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Stimulus ataupun regulasi yang diperlukan agar segera dibuat dan kami DPR akan mendukung. Ini penting diperhatikan agar inflasi bisa dikendalikan,” ujar Mukhtarudin.

Ia menambahkan, untuk saat ini impor sebaiknya sangat selektif dengan memprioritaskan beberapa komoditas.

“Namun, tetap perlu disertai pengawasan, sehingga tidak hanya menguntungkan perusahaan besar,” ujarnya.

Menurut Mukhtarudin, wabah COVID-19 dipastikan memberikan dampak berat terhadap perdagangan, baik internasional maupun nasional.

Pertumbuhan ekonomi diprediksi hanya sebesar 2,3 persen dalam kondisi yang berat, bahkan menjadi -0,4 persen dalam kondisi sangat berat.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020