Banjarmasin (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kalimantan Selatan bertambah delapan sehingga kini totalnya menjadi 16 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan HM Muslim di Banjarbaru pada siaran pers Ahad petang mengatakan, 16 pasien terkonfirmasi positif tersebut, 13 orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Sisanya, satu orang dirawat di RSUD Ansyari Saleh Banjarmasin dan dua orang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Delapan orang pasien baru terkonfirmasi positif, masing-masing lima orang baru masuk pada Ahad pagi, laki-laki, dengan inisial Ulin 35, Ulin 36, Ulin 37, Ulin 38 dan Ulin 39. Kelima pasien rata-rata berumur 35-45 tahun dan baru melakukan perjalanan dari Jawa Barat dengan kondisinya stabil.

Sedangkan tiga orang pasien baru terkonfirmasi positif adalah, Ulin 25 asal Kabupaten Tabalong, yang sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), berdasarkan hasilnya tes terkonfirmasi positif. Saat ini kondisinya stabil. Sementara Ulin 24 juga masih mengalami sedikit sesak napas.

Selanjutnya, kondisi pasien terkonfirmasi positif yang telah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Ulin sejak beberapa hari terakhir, yaitu, Ulin 1, Ulin 9, Ulin 10, Ulin 11 dan Ulin 13 dan kondisinya stabil.

Baca juga: Kapolda Kalimantan Selatan minta jangan pulang kampung cegah Covid-19

Baca juga: Tika Aprilia, relawan asal HSU Kalsel untuk pasien COVID-19 di Jakarta

Baca juga: PDP COVID-19 di Kalsel bertambah dua orang


Pasien Ulin 15 laki-laki (41) dari Kabupaten Banjar, masih sesak napas.

Dua orang pasien terkonfirmasi positif karena kontak erat dan kontak lokasi yang kini sedang menjalani isolasi secara mandiri, kondisi juga stabil.

Sedangkan dua orang PDP yang meninggal dunia, yaitu Ulin 23 dan Ulin 26, hasil tes laboratorium juga dinyatakan terkonfirmasi positif.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya 10 orang, dengan rincian yang dirawat di RSUD Ulin sebanyak delapan orang, yaitu Ulin 27 (40) saat ini masih mengalami sesak napas.

Begitu juga dengan PDP Ulin 28, Ulin 29, Ulin 30, dan Ulin 31 juga masih mengalami hal yang sama. Sedangkan sisanya, Ulin 32 dan Ulin 34, kondisinya mulai stabil.

Dua orang PDP lainnya, masing-masing dirawat di Rumah Sakit di Kabupaten Barito Kuala satu orang kurang stabil dan satu orang stabil.

Terakhir, yang dirawat di RSUD Boejasin, usia 60 tahun, laki-laki, dalam kondisi yang baik.

Satu orang PDP baru masuk di RSUD Ulin, yaitu Ulin 33 (60) dari Banjarmasin, meninggal dunia pada pukul 12.55 Wita siang tadi.

"Ini merupakan pasien dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan," katanya.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1.304 orang, berkurang sebanyak 82 orang dibanding sebelumnya sebanyak 1.386.*

Baca juga: Pemprov Kalsel minta Pemkab sediakan kamar untuk tangani PDP COVID-19

Baca juga: Cegah COVID-19, Bandara Syamsudin Noor dukung pembatasan masuk Kalsel

Baca juga: Satgas Pangan Polda Kalsel ingat pedagang tak naikkan harga seenaknya

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020