Telur-daging ayam menu tepat saat kerja dari rumah, karena COVID-19

Telur-daging ayam menu tepat saat kerja dari rumah, karena COVID-19

Ilustrasi - Menu "Telur Mentah" dari mangga di restoran gastronomi molekuler Namaaz Dining, Jakarta. ANTARA/Nanien Yuniar

khususnya untuk mengganti sel-sel yang rusak, membentuk jaringan baru, pertumbuhan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh
Purwokerto (ANTARA) - Telur dan daging ayam bisa menjadi menu makanan pilihan yang tepat saat seseorang harus menjalani kebijakan kerja dari rumah karena pandemi COVID-19, kata akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Elly Tugiyanti.

"Telur dan daging ayam perlu menjadi pilihan sebagai asupan protein hewani saat menjalani kebijakan WFH  (Work From Home) di tengah pandemi COVID-19," katanya di Purwokerto, Senin.

Dosen Fakuktas Peternakan Unsoed Purwokerto tersebut, menjelaskan selama menjalani kebijakan untuk tetap berdiam di rumah maka masyarakat harus jeli dalam memilih bahan pangan agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

"Bahan pangan yang dibeli mestinya yang mengandung protein tinggi karena protein merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh, khususnya untuk mengganti sel-sel yang rusak, membentuk jaringan baru, pertumbuhan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh," katanya.

Dia menambahkan ada dua macam protein. yaitu nabati dan hewani.

"Protein nabati harganya lebih murah, namun asam amino esensial yang dikandung kurang lengkap, sebaliknya protein hewani kandungan asam amino esensialnya lebih lengkap, lebih berkualitas dan lebih beragam jenis asam aminonya," katanya.

Baca juga: Pakar: Menu sehat tidak harus mahal

Protein hewani asal ternak yang menjadi andalan dan merupakan favorit masyarakat selama ini, kata dia, antara lain telur dan daging ayam.

"Misalnya, telur itu memiliki kelebihan lainnya adalah kandungan asam amino telur sangat lengkap dan nilai biologis protein telur mencapai 100 persen," katanya.

Dia menambahkan daging ayam sumber protein hewani yang berkualitas tinggi, mengandung asam amino esensial yang lengkap dan asam lemak tidak jenuh yang tinggi.

Oleh karena itu, kata dia, untuk menjaga kesehatan selama berdiam di rumah maka selain melakukan olah raga, masyarakat juga disarankan tetap mengonsumsi makanan bergizi tinggi yang mudah didapat, harganya terjangkau dan rasanya nikmat yaitu telur dan daging ayam.

Baca juga: Trik memasukkan sayuran dalam menu anak
Baca juga: Gaya hidup sehat dimulai dari makanan bernutrisi


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Rayakan Minggu Paskah dengan membuat telur Paskah dan berdoa di rumah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar