lakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan arahan Kemenkes
Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan lokasi pemakaman khusus bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar corona atau COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang, Fitra Hergyana, di Karawang, Senin, mengatakan, penyediaan pemakaman khusus itu sebagai bentuk antisipasi jika keluarga bingung atau kesulitan mencari tempat pemakaman.

Lokasi pemakaman khusus bagi warga yang meninggal karena terpapar corona itu berada di wilayah timur Karawang.

Baca juga: MUI: Umat jangan halangi pemakaman jenazah COVID-19
Baca juga: Pemprov Jatim siapkan pemakaman COVID-19 di lahan milik Perhutani


Fitra menyampaikan, sebenarnya jenazah yang terpapar corona tidak menularkan virus kepada warga yang berada di sekitar pemakaman. Sehingga warga tidak perlu khawatir jika tinggal dekat dengan komplek pemakaman.

"Jika orang meninggal dunia karena COVID-19, maka virus tidak akan menular kepada warga. Makanya kami lakukan pemulasaran jenazah sesuai dengan arahan Kemenkes dan standar WHO," katanya.

Baca juga: Kabupaten Sleman siapkan makam untuk jenazah pasien COVID-19
Baca juga: Pemda DIY siapkan lahan pemakaman khusus pasien COVID-19


Sementara itu, satu orang yang positif corona di Karawang meninggal dunia pada Minggu (5/4). Pasien positif corona yang meninggal itu berjenis kelamin laki-laki, berusia 50 tahun.

Informasi yang berhasil dihimpun, meninggalnya pasien positif corona itu sempat heboh karena tersiar kabar terjadi penolakan pemakaman jenazah pasien positif corona tersebut.

Akibat aksi penolakan itu, pemakaman jenazah pasien positif corona tidak bisa dilakukan pada hari Minggu itu dan baru dilaksanakan pada Senin pagi. Itupun dilakukan di kecamatan lain sekitar Karawang.

Baca juga: Din Syamsuddin: Jenazah COVID-19 bukan azab jadi jangan tolak
Baca juga: Tak ada alasan tolak jenazah COVID-19, kata Pengasuh Ponpes Krapyak

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020