Siapa saja dipersilakan mengambilnya
Sidoarjo (ANTARA) - Sekolah Al Muslim di Sidoarjo, Jawa Timur memberikan sekitar 100 paket makan siang kepada pengendara di depan sekolah di kawasan Wadung Asri, Kabupaten Sidoarjo itu, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat karena pandemi virus corona baru.

Kepala SD Al Muslim Sidoarjo Fatimatuz Zahroh di Sidoarjo, Senin, mengatakan bantuan tersebut diberikan kepada pengendara, seperti tukang ojek dalam jaringan, tukang becak, petugas kebersihan, dan pekerja harian lainnya.

Ia mengharapkan bantuan tersebut meringankan beban para pekerja yang harus keluar rumah di tengah pandemi virus corona baru (COVID-19).

"Al Muslim berbagi, demikian ide utama dalam Program MakSimAl atau Makan Siang Al Muslim," katanya.

Uang yang digunakan untuk kegiatan itu, kata dia, berasal dari infak setiap Jumat yang secara rutin dilakukan pada hari-hari sebelumnya.

"Infak ini bukan hanya dari SD, melainkan juga dari KB-TK, SMP, dan SMA Al Muslim," katanya.

Baca juga: Peduli COVID-19, Istana Presiden bagikan nasi kotak bagi pengendara

Ia menjelaskan pembagian bantuan itu dilaksanakan di pintu masuk sekolah dengan melibatkan guru piket pada hari itu.

"Guru yang bertugas hanya memantau keterlaksanaan program dan memastikan bahwa makan siang yang disediakan telah habis dengan tetap menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker dan sarung tangan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan peduli selama 6-22 April 2020 itu menyediakan 100 nasi kotak dan air mineral setiap hari, yang kemudian diletakkan di meja depan sekolah itu.

"Siapa saja dipersilakan mengambilnya terutama diperuntukkan untuk tukang becak, ojek daring, petugas kebersihan, dan pekerja harian," katanya.

Ia berharap, program peduli itu memberikan manfaat dan menginspirasi, serta meringankan beban yang dialami mereka yang terdampak pandemi COVID-19.

"Serta yang terpenting pandemi COVID-19 ini semoga segera berakhir agar tenang dalam menjalani ibadah Bulan Ramadhan," katanya.

Baca juga: Nasi sagu rempah Meranti dipercaya mampu tangkal Covid-19
Baca juga: Legislator PSI bagikan nasi kotak tiap pekan untuk warga Surabaya
Baca juga: Sekeluarga donasi ribuan nasi kotak bantu medis "perangi" COVID-19

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020